Review Nokia 1020 Lumia 2017


29 Juli 2017 Oleh Ted

Nokia Lumia 1020 sudah beredar sejak lama. Dan saat kemunculannya merupakan salah satu ponsel yang memiliki kamera terbaik. Saat ini sudah 3 tahun lebih ponsel ini beredar di Indonesia, apakah masih layak untuk dibeli atau mungkin di koleksi? Mari kita bahas.

Sebelumnya akan saya infokan bahwa di artikel ini saya tidak akan membahas atau me review secara detil. Tapi saya akan lebih kepada kesimpulan apakah Nokia Lumia 1020 masih layak untuk dibeli atau tidak.

Anyway, mungkin untuk saat ini kita akan sulit mendapatkan produknya dalam kondisi baru. Kalau ada yang baru sekalipun itu adalah merupakan barang stok lama. Kalau untuk harga second Nokia Lumia 1020 masih terbilang lumayan, ada di kisaran 2,5 jutaan.


Spesifikasi Nokia 1020

  • Ukuran: 130.4 x 71.4 x 10.4 mm
  • Layar 4,5", 768x1280 pixel, AMOLED display
  • Prosesor Qualcomm MSM8960, Dual Core 1,5GHZ, RAM 2GB
  • Memori internal 32GB, TIDAK ADA Slot SD Card
  • Single SIM 3G
  • Kamera 41MP, Manual Focus, Carl Zeins Lens

Kelemahan Nokia 1020

Pertama yang akan kita bahas adalah, apakah Lumia 1020 masih layak digunakan sebagai ponsel untuk menunjang pekerjaan atau produktivitas?

Untuk point ini, dengan berat hati saya katakan jawabannya adalah sudah tidak layak. Alasan utamanya adalah banyak pengembang aplikasi yang meninggalkan system operasi Windows Phone.

Kalau kita buka Windows Store, maka aplikasi-aplikasi yang tersedia banyak yang sudah tidak ada update versi terbarunya. Sebagai contoh aplikasi BBM, terakhir di update adalah tahun lalu dan hingga artikel ini dibuat tidak ada versi terbarunya.

Jadi sekali lagi, kalau kamu butuh ponsel untuk menunjang pekerjaan atau untuk dipakai dalam jangka waktu lama, maka Lumia 1020 tidaklah disarankan karena aplikasi-aplikasi yang ada kebanyakan sudah tidak update.

Bisa dibilang itu adalah kelemahan yang paling fatal. Penyebab utamanya adalah karena dari pihak Microsoft sendiri yang bisa dibilang sudah peduli ga peduli dengan system operasi Windows Phone.

Kelebihan Nokia 1020 Lumia:

Kinerja masih cukup responsif

Sekarang saya akan bahas sekilas tentang hal-hal yang saya suka. Yang pertama, untuk ponsel yang terbilang sudah tua, Nokia 1020 bisa dibilang masih lumayan responsive untuk digunakan.

Ukuran Yang Pas

Yang kedua, ukurannya pas dan nyaman digenggam, build qualitynya juga bagus dan terasa solid saat digenggam.



Layar Sensitif + Presisi

Yang ketiga, layarnya sangat sensitif dan nyaman digunakan. Dan anehnya, walaupun layarnya tidak terlalu besar, tapi kalau dipakai untuk mengetik terasa sangat nyaman dan presisi jika dibandingkan dengan ponsel Android yang memiliki ukuran layar sama.

Warna Layar Mencolok

Dan yang keempat, saya sangat suka tampilan warna dari layarnya. Menggunakan layar AMOLED membuat gambar yang tertampil terlihat sangat mencolok dan memiliki warna hitam yang pekat. Tapi kalau sobat lebih suka warna yang terlihat natural, kita juga bisa mengatur agar tampilannya lebih alami.

Tapi sekali lagi, dengan semua kelebihan diatas, rasanya akan percuma dan sia-sia kalau tidak ada jaminan masa depan dari software yang bisa digunakan. Sehingga, bisa dibilang satu-satunya kelebihan yang bisa dibanggakan oleh Nokia 1020 pada saat ini adalah kemampuan kameranya.

Apakah di tahun 2017 ini kita masih bisa mengatakan bahwa Nokia 1020 adalah salah satu ponsel yang memiliki kamera terbaik? Mari kita bahas di sektor ini. Saya pribadi bukanlah orang yang ahli di bidang fotografi, jadi pendapat yang saya utarakan bisa dibilang adalah opini dari seorang amatir.

Kemampuan Kamera

Ponsel ini memiliki sensor kamera 41MP, tapi kita tidak akan bisa memproduksi foto dengan resolusi maksimum 41MP. Resolusi maksimal yang bisa dihasilkan adalah 38 MP.

Jika kita mengambil foto menggunakan aplikasi Lumia Camera, akan menghasil dua foto sekaligus. Satu foto berukuran 5MP dan satu lagi berukuran maksimal 38 MP atau 34MP tergantung aspek rasio. Kalau kita buka Gallery, kita tidak akan bisa menemukan file foto yang ukuran besar, kita hanya akan menemukan file foto berukuran maksimum 5MP.

Kalau kita mau melihat foto dengan resolusi maksimal, kita perlu membuka aplikasi file manager lalu kita cari di folder Camera Roll, kita akan menemukan file foto dengan tulisan highres yang merupakan singkatan high resolution. Itu adalah file foto dengan resolusi 38MP atau 34MP.

Seberapa besar sih 38MP itu? Silahkan sobat lihat sendiri perbandinganya dari foto berikut sebagai bayangan.



Untuk kualitas foto lainnya bisa sobat lihat di link berikut (contoh foto resolusi 5MP):

Nokia 1020 memiliki kemampuan night fotografi atau mengambil foto di tempat gelap atau malam hari yang sangat bagus. Kita dapat mengambil foto long exposure dengan mengatur kecepatan rana hingga 4 detik. Di tahun 2017 ini sangat jarang smartphone yang bisa diatur shutter speed-nya, apalagi sampai 4 detik. Kalau langit cerah, kita bisa foto / motret bintang.

Sebagai catatan, kalau mengambil foto long exposure, kita harus menggunakan tripod agar fotonya tidak berbayang. Langsung saja sobat lihat hasil night photography-nya.



Kalau sobat ingin melihat hasil lainnya bisa tonton video kami yang ada di akhir artikel ini. Ponsel ini juga memiliki lampu kilat (flash) Xenon yang tentu saja jauh lebih powerful dibandingkan flash LED. Berikut adalah contoh pengambilan foto di tempat sangat minim cahaya menggunakan lampu kilat.



Kekurangan kamera Lumia 1020

Walau begitu, kamera Nokia Lumia 1020 juga memiliki kekurangan. Yang pertama adalah waktu penyimpanan foto agak sedikit lambat, tapi sebenarnya terbilang wajar mengingat resolusi foto yang dihasilkan pun terbilang besar.

Dan yang kedua adalah Nokia 1020 tidak terlalu bagus digunakan untuk foto macro atau untuk memfoto objek dalam jarak sangat dekat. Jarak minimal agar foto bisa fokus adalah 15cm. Walaupun kita bisa menzoom setelah kita mengambil foto, tapi tetap saja hasilnya akan kurang maksimal.

Kemampuan Video Recording

Ponsel ini dapat merekam hingga Full HD 1080p dengan kecepatan 30 fps. Ada dua kelebihan utama dari kemampuan perekaman videonya. Yang pertama adalah sensor kameranya sudah dilengkapi dengan OIS atau Optical Image Stabilization sehingga hasil perekaman videonya lebih halus walaupun pengguna merekam dalam kondisi bergerak.

Dan yang kedua adalah, karena memiliki sensor 41 MP, kita dapat melakukan ZOOM saat perekaman video tanpa mengurangi kualitas hasil akhir dengan signifikan.

Sedangkan kekurangannya adalah, ponsel ini tidak memiliki slot memori card. Kapasitas memori internal sebesar 32GB memang terbilang cukup besar, tapi tentu saja akan lebih baik jika bisa ditambah lagi.

Kesimpulan

Kesimpulanya adalah, apakah Nokia 1020 di tahun 2017 ini masih bisa dibilang merupakan salah satu ponsel dengan kamera terbaik? Jawabannya adalah Ya, walaupun sudah tua, tapi kemampuan kameranya bisa diadu dengan ponsel generasi jaman sekarang.

Hanya saja, apakah layak untuk dibeli? Jawabannya adalah kalau kamu mencari ponsel yang akan digunakan dalam jangka waktu lama, sepertinya saya tidak terlalu menyarankan untuk membeli ponsel ini. Alasannya karena saat ini kualitas kamera handphone yang berharga terjangkau sekalipun sudah semakin baik, apalagi sekarang mulai tren ponsel dual kamera. Tapi sebenarnya yang menjadi kelemahan utamanya adalah dari segi software yang bisa dibilang sudah tidak ada masa depannya.

Namun, kalau sobat tidak ada masalah dari segi dana, maka Nokia Lumia 1020 adalah ponsel yang bisa dibilang asyik untuk dikoleksi. Selain populasinya jarang, hingga tahun 2017 ini, setau saya Nokia 1020 adalah ponsel dengan resolusi kamera paling besar dengan ukuran body yang kecil, apalagi jika dibandingkan rata-rata ukuran smartphone saat ini.

Ya bisa dibilang, ga akan malu-maluin untuk ngeluarin Nokia 1020 saat lagi nongkrong bareng teman-teman. Selain itu, ponsel ini bisa dibilang dapat diandalkan sebagai pengganti pocket kamera saat sedang berpergian. Jika dibanding pocket camera, Nokia 1020 memiliki tiga kelebihan utama yaitu:

  1. Lebih nyaman dalam pengoperasian
  2. Gampang dicas. kalau batre habis kita tinggal colok power bank.
  3. Kita mudah untuk berbagi hasil foto yang ditangkap karena biar bagaimanapun ini adalah smartphone dengan konektivitas yang cukup lengkap.

Video Review-nya bisa dilihat dibawah:

-hp handphone camera terbaik besar bagus canggih murah 2 jutaan 3 jutaan zoom-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi