Review Samsung Galaxy Core Duos I8262 – Ponsel Android Dual SIM

Tanggal: 18 Oktober 2013

Tampaknya saat ini sudah mulai cukup banyak produsen merk terkenal yang meluncurkan ponsel dengan kartu Dual SIM, misalnya  LG optimus L7 II dual, Sony XPeria M, Acer Liquid E2, dll. Alasannya permintaan produk Android dengan Dual SIM baik di dalam negeri maupun luar negeri mulai meningkat. Konsumen banyak yang ingin mengkombinasikan dua kartu berbeda untuk mendapatkan harga yang paling ekonomis, misalnya untuk menelpon menggunakan kartu A dan untuk internetan menggunakan kartu B.

Menanggapi hal tersebut, Samsung selaku raksasa elektronik baru-baru ini meluncurkan Samsung Galaxy Core Duos I8262 yang menyasar kalangan menengah dan pemula. Apakah produk ini akan laku di pasaran dan layak dibeli? Baca terus review kali ini.

Samsung Galaxy Core Duos i8262

Samsung Galaxy Core Duos i8262

Kelebihan Samsung Galaxy Core Duos

Akses internet cepat. Galaxy Core Duos memiliki jaringan Quad-band GSM/GPRS/EDGE dan quad-band 3G (HSPA) yang menjamin akses internet kecepatan tinggi (selama didukung operator). Kelebihan Core dibanding kebanyakan ponsel Android dual SIM lainnya adalah untuk akses internet cepat 3G bisa dilakukan secara bergantian di dua slot SIM Card (biasanya hanya satu slot saja yang bisa 3G).

Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1.2. Core menggunakan OS JB (Jelly Bean) yang dipadukan dengan launcher (semacam tema) buatan Samsung yang dinamakan TouchWiz Nature UX. Pengoperasian ponsel terasa responsif dan tidak lag saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Memori internal 8 GB. Samsung Galaxy Core Duos memiliki kapasitas memory internal 8 GB sehingga cukup banyak dapat menyimpan data-data pengguna maupun aplikasi. Di kisaran harga yang sama, produsen ponsel Android lainnya rata-rata masih menggunakan memori internal sebatas 4 GB saja. Namun sebagai catatan, tidak semua 8 GB dapat dipakai karena sebagian memori digunakan untuk menyimpan sistem operasi bawaan. Yang bisa digunakan oleh pengguna sekitar 4,5 GB. Apabila memori bawaan masih dirasa kurang, pengguna bisa menambahkan dengan menggunakan kartu memori berjenis microSD yang support hingga 32 GB.

Bluetooth V3.0. Galaxy Core memiliki fitur Bluetooth V3.0 yang memiliki kecepatan transfer lebih baik dan juga lebih hemat daya dibandingkan versi sebelumnya.

Radio FM. Banyak produsen yang saat ini tidak menyertakan fitur Radio FM pada perangkatnya. Tidak demikian dengan Galaxy Core yang masih turut menyertakan fitur ini bagi penggemar musik.

Desain Compact: dengan ukuran 129,3 x 67,6 x 9 mm dan berat 124 gr menjadikan ponsel Android ini nyaman untuk digenggam dan dikantongi. Peletakan tombol-tombol-nya terbilang baik dan nyaman untuk dioperasikan. Build quality atau kualitas bahan pembuatnya terbilang baik khas buatan Samsung. Dari sisi desain bisa dikatakan merupakan kelebihan sekaligus kekurangan Galaxy Core. Kelebihan karena modelnya mirip-mirip dengan ponsel Samsung dengan harga yang lebih mahal, jadi Anda bisa dengan PD menenteng ponsel ini :D. Disebut kekurangan karena modelnya itu-itu saja / mirip-mirip dengan ponsel Samsung yang lain.

Kekurangan Samsung Galaxy Core Duos

Tidak ada ambient light sensor. Sensor ini berguna untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan tingkat pencahayaan disekitar. Jadi kalau sedang berada di luar ruangan, otomatis layar akan semakin terang, kalau di tempat gelap layar akan meredup. Dengan tidak adanya sensor ini pada Samsung Galaxy Core maka untuk mengatur redup-terangnya layar harus dengan cara manual atau diatur sendiri oleh pengguna (tidak otomatis).

Performa standar. Chipset yang digunakan pada HP Android ini adalah Snapdragon MSM8225 S4 Play, processor Dual-core 1.2 GHz Cortex-A5, GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 203 dan RAM 1 GB. Untuk kemampuannya terbilang biasa-biasa saja, sudah cukup untuk penggunaan sehari-hari dan juga untuk bermain game. Namun apabila dipaksa untuk bekerja keras atau untuk memainkan game-game High Definition keluaran terbaru dengan settingan maksimum, maka akan terasa sedikit lag / jeda atau waktu loading yang lebih lama.

Lain-lain / hal-hal yang biasa saja

Layar standar. Samsung Galaxy Core menggunakan layar berukuran 4.3 inchi dengan resolusi WVGA (480 x 800) berteknologi TFT display. Untuk tingkat kecerahan layar cukup baik dan layarnya sensitif terhadap sentuhan tangan. Untuk tingkat kontras dan warna terbilang standar, tidak dapat dikatakan baik namun juga tidak buruk.

Kamera belakang 5 MP + LED Flash, kamera depan VGA. Kualitas hasil foto jepretan kamera belakang Galaxy Core terbilang standar, tingkat kontras dan ketajamannya terbilang baik. Untuk pengambilan foto di dalam ruangan terlihat cukup banyak noise. Fitur perekaman videonya sebatas 480p (720×480 pixel) saja dan tidak bisa digunakan untuk merekam video HD 720p.

Wi-fi hotspot. Galaxy Core dapat dijadikan sebagai wi-fi hotspot. Jadi kalau Anda memiliki perangkat lain seperti Laptop atau Tablet tanpa koneksi 3G dapat nebeng koneksi internet Core melalui jaringan wifi.

GPS dengan A-GPS dan GLONASS. HP Android ini support A-GPS yang berguna untuk mempercepat waktu locking satelit dengan menggunakan data dari operator telepon. Selain itu juga bisa menangkap sinyal GLONASS (Satelit rusia) sehingga waktu lock satelit selain lebih cepat juga lebih akurat.

Spesifikasi Samsung Galaxy Core Duos I8262

Jaringan GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – HSDPA 900 / 2100, HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Ukuran 129.3 x 67.6 x 9 mm, Berat 124 gr
Layar TFT capacitive touchscreen, juta warna, 480 x 800 pixels, 4.3 inches (~217 ppi pixel density)
Suara / Notifikasi Loudspeaker, 3,5 mm audio jack, Nada getar
Memori Internal 8 GB, slot microSD, up to 32 GB, RAM 1 GB
Internal 8 GB (4.5 GB user available), 1 GB RAM
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth V.3.0, MicroUSB V.2.0
Kamera 5 MP, 2592×1944 pixels, autofocus, LED flash. Kamera depan VGA. Perekaman video 480p
Sistem operasi Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean)
Processor Snapdragon MSM8225 S4 Play, Dual-core 1.2 GHz Cortex-A5, GPU Adreno 203
Sensors Accelerometer, proximity, compass
Lain-lain FM radio, GPS with A-GPS Support, GLONNASS
GPS Yes, with A-GPS support
Java Yes, via Java MIDP emulator
Baterai Li-Ion 1800 mAh battery, bisa dilepas

Demikianlah review Samsung Galaxy Core Duos i8262, semoga bermanfaat. Salam, gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi