Review Samsung Galaxy Gio S5660-Indonesia

21 April 2011

Pada tulisan kali ini kami akan melakukan review Samsung Galaxy Gio S5660 lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Handphone Android Samsung ini bisa dikatakan adalah versi  hemat dari Samsung Galaxy Ace S5830. Yang menjadi pembeda adalah ukuran layar dan juga resolusi kamera yang diusung. Samsung Galaxy Acemenggunakan layar berukuran 3,5” Vs Samsung Galaxy Gio berukuran 3,2”, namun keduanya menggunakan resolusi layar yang sama yaitu HVGA (320×480 pixel). Untuk urusan kamera, Ace memiliki kamera 5 MP yang dilengkapi LED Flash Vs Gio yang memiliki kamera 3,15 MP tanpa flash.

Paket Penjualan

Pada paket Penjualan Samsung Galaxy Gio terdapat handphone, charger, micro SD 2GB, kabel data, handsfree, buku manual dan kartu garansi.

Tampilan Fisik

Review Samsung Gio S5660

Review Samsung Galaxy Gio S5660

Samsung Galaxy Gio S5660 berdimensi panjang 110,5 mm, lebar 57,5 mm dan tebal 12,15 mm. Pada bagian depan terdapat tiga buah tombol yaitu dari kiri ke kanan tombol menu, tombol home dan tombol back. Bagian depan Samsung Gio berwarna glossy yang dikelilingi dengan list berwarna silver. Pada bagian kanan hp terdapat tombol on/off dan slot Micro SD. Di sisi kiri terdapat tombol volume. Port micro USB terletak pada bagian bawah ponsel, sedangkan Jack stereo headset 3,5 mm terletak pada bagian atas handphone. Pada bagian belakang terdapat kamera berkekuatan 3,15 MP dan lubang speaker. Bagian belakang dari handphone Android ini terbuat dari bahan campuran karet yang memberi kesan kesat dan tidak licin. Bentuknya yang tidak terlalu besar maupun kecil dan pinggiran yang membulat membuat hp android ini nyaman untuk di genggam.

 

Samsung Galaxy s5660 review

Samsung Galaxy Gio review

Layar

Samsung Galaxy Gio menggunakan layar berukuran 3,2” dengan resolusi 320×480 pixel HVGA TFT.  Layarnya mengusung teknologi kapasitif yang responsif terhadap sentuhan jari. Kualitas gambar yang ditampilkan pada layar ponsel terlihat cukup halus dan cerah. Layar Samsung Gio S5660 juga sudah mendukung multi touch.

Kinerja dan Kemampuan Gaming Samsung Galaxy Gio

Handphone Android Samsung ini menggunakan sistem operasi Android 2.2 (Froyo) dan dibekali dengan processor berkecepatan 800 MHz. Perpindahan antar menu pada hp ini lancar dan tidak terdapat lag. Saat kami mencoba membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, ponsel masih dapat bekerja dengan baik dan tidak ditemui penurunan performa.

Handphone Android Samsung Galaxy S5660 Gio sudah dibekali dengan GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 200, sehingga dapat diandalkan bagi anda yang gemar bermain game. Kami mencoba menginstall game Raging Thunder 2 dan Need For Speed Shift dan kedua game tersebut dapat berjalan dengan lancar. Namun, dapat kami informasikan bahwa tidak semua dan hanya beberapa game HD (High Definition) yang dapat berjalan pada handphone ini. Hal ini sangatlah wajar karena memang handphone ini adalah handphone Android kelas menengah.

Kamera dan Video

Samsung S5660 Gio dibekali dengan kamera yang dapat menghasilkan foto dengan resolusi 2048×1536 pixels (3,15 MP). Anda tidak akan menemukan LED Flash pada kamera. Kamera Samsung Gio sudah dilengkapi dengan auto focus yang dapat mendeteksi jarak objek yang akan di foto. Secara keseluruhan, kualitas hasil foto cukup baik namun tidak dapat dikatakan istimewa.

Handphone ini dapat merekam video beresolusi 320×240 pixel (QVGA) dengan kecepatan 15 fps (frame per second). Karena hanya berkecepatan 15 fps, hasil video terlihat kurang smooth.

Kualitas Audio

Kualitas speaker Samsung Galaxy S5660 Gio terbilang biasa-biasa saja. Saat mendengarkan music menggunakan handsfree bawaan terdengar jauh lebih baik dibanding suara speaker, namun menurut kami suara bass agak kurang. Saat kami mencoba menggunakan earphone yang lebih baik kualitas suara yang dihasilkan kembali meningkat. Kesimpulan yang bisa diambil adalah hp ini dapat memproduksi kualitas suara yang cukup baik, namun dibatasi oleh kualitas speaker dan handsfree bawaan dengan kualitas standar.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Gio S5660

Kelebihan:

  • Processor 800 MHz dan GPU Adreno 200 menjadikan handphone ini termasuk yang paling bertenaga di kelasnya.
  • Layar yang memiliki kualitas baik, responsif dan sudah mendukung multi touch
  • Sudah menggunakan sistem operasi Android 2,2 Froyo

Kekurangan:

  • Tidak ada tombol khusus kamera, sehingga agak menyulitkan untuk mengambil foto diri sendiri.
  • Handphone ini agak boros baterai
  • Handphone ini tidak mendukung Adobe Flash

Harga HP dan Kesimpulan

Harga Samsung Galaxy Gio S5660 berada di kisaran Rp. 2.150.000 (Mei 2011). Handphone Android ini layak dijadikan pilihan karena harganya cukup terjangkau dan memiliki kinerja yang terbilang baik. Apabila anda tidak terlalu membutuhkan fitur kamera, kami menyarankan anda untuk untuk memilih Galaxy Gio dibanding Galaxy Ace karena perbedaan harga yang lumayan. Namun, kami akui tampilan Samsung Galaxy Ace terlihat lebih eksklusif, namun hal tersebut adalah selera masing-masing.

Spesifikasi Samsung Galaxy Gio S5660:

Jaringan:EDGE/GPRS 850/900/1800/1900, HSDPA 7.2Mbps 900/2100
Dimensi: P 110,5 mm x L 57,5 mm x T 12,15 mm
Layar: Ukuran 3,2″ resolusi 320×480 TFT Touchscreen
Sistem operasi: Android 2,2 (Froyo)
Processor: 800 MHz, GPU Adreno 200
Konektifitas: WiFi 802.11 (b/g/n), Bluetooth, USB 2.0
Kamera: 3,15 MP, Video QVGA@15fps
Memori: Internal 150 MB, External: Micro SD up to 32 GB (2 GB termasuk dalam paket penjualan)
Baterai: Li-Ion 1350 mAh
Fitur lain: A-GPS, Jack 3,5 mm, Sensor Accelerometer, Proximity, Compass digital, FM Radio (RDS)

Demikian review review Samsung Galaxy Gio S5660 yang dipersembahkan oleh gadoga.com. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, silahkan mengisi form komentar dibawah.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi