Review Samsung Galaxy Mini Pop Plus S5570i + Perbandingannya dengan Galaxy Mini S5570

Tanggal 24 juni 2012

Saat ini ada handphone yang memilki tampilan body mirip dengan Samsung Galaxy Mini (SGM/Galmin) GT-S5570 tapi sebenarnya merupakan versi yang berbeda. Bisa dibilang serupa tapi tak sama. HP yang saya maksud adalah Galaxy Pop Plus atau GT-S5570i (ada tambahan huruf “i” dibelakang serinya).  Apa saja kelebihan dan kekuranganya? Apakah lebih baik dari versi sebelumnya? Bagaimana cara membedakannya dengan yang lama? Untuk mengetahuinya, baca terus review Samsung Galaxy Mini Pop Plus berikut ini.

Spesifikasi Galaxy Mini Pop Plus S5570i:

  • Jaringan: GSM 900 / 1800 / 1900 / HSDPA 900 / 2100 (7.2 Mbps)
  • Ukuran: 110.4 x 60.6 x 12.1 mm, berat: 106.6 g
  • Layar: TFT capacitive touchscreen, 256K colors, 240 x 320 pixels, 3.14 inches
  • Kamera: 3.15 MP, 2048×1536 pixels, Video 320×240 pixel @15fps
  • Sistem Operasi (OS): Android OS, v2.3 (Gingerbread)
  • Prosesor: 832 MHz, GPU: Broadcom series
  • Fitur: Sensor Accelerometer, Digital Compass, 3.5mm jack, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v2.1, konektor Micro USB ,GPS, dll

Kotak Penjualan:

Bagi masyarakat pada umumnya akan sulit untuk membedakan antara Pop Plus dengan Galmin bila dilihat dari kotaknya saja. Mengapa? Hal ini dikarenakan pada kotak penjualan yang tertulis adalah Samsung Galaxy Mini! Tidak ada kata-kata “pop” maupun “plus”. Lalu bagaimana cara mengetahui perbedaannya? Apabila Anda menemukan tulisan “Faster 832 MHz CPU” yang ditempel pada bagian depan box (biasanya di kanan atas), maka berarti hp tersebut merupakan GT-S5570i / Pop Plus.

Desain, Layar, Kamera, Kualitas Audio dan Baterai

galaxy pop plus gt s5570i review

Samsung Galaxy Mini Pop Plus

Galaxy Mini Pop Plus menggunakan layar berukuran 3,14 inch tipe kapasitif dengan resolusi 240 x 320 pixels, kamera 3,15 MP (2048×1536 pixels) fixed fokus tanpa lampu flash, speaker mono yang terletak di bagian belakang, dan menggunakan baterai berukuran 1200 mAh. Untuk semua hal yang disebutkan diatas, termasuk desain dan sensor-sensor yang dimiliki, spesifikasinya sangat mirip, malah bisa dikatakan sama dengan SGM. Jadi, agar artikel ini tidak terlalu panjang, untuk pembahasan mengenai spesifikasi diatas dapat dibaca pada artikel: Review Samsung Galaxy Mini klik disini.

Yang paling membedakan antara Mini dengan Pop Plus adalah Processor dan GPU (Graphics Processing Unit) yang digunakan. Keduanya sangat berpengaruh terhadap performa handphone Android secara keseluruhan. Oleh karena itu pada review Samsung Galaxy Mini Pop Plus kali ini, saya akan lebih membahas dari sisi kinerja, kemampuan gaming dan juga kelebihan dan kekurangannya bila dibanding Galmin.

Kinerja

Pop Plus menggunakan sistem operasi Android 2.3 (Gingerbread). Untuk perpindahan menunya terbilang cepat, responsif dan tidak ada kendala. Hal ini dikarenakan resolusi layarnya terbilang kecil, hanya sebatas 240×320 pixel dan juga sudah menggunakan processor berkecepatan 832 MHz, jadi prosesor bekerja tidak terlalu berat untuk mengolah grafik yang ditampilkan. Bila dibandingkan dengan Galaxy Mini, performanya tidak terlalu berbeda. Hanya saja karena Pop Plus menggunakan prosesor yang lebih cepat, bila digunakan untuk memproses data, misalnya membuka aplikasi office, kinerjanya sedikit lebih baik dibanding SGM (lebih cepat membuka file), namun tidak terlalu signifikan.

Kemampuan Gaming

Banyak orang yang bilang bahwa Samsung Galaxy Mini Pop Plus tidak memiliki GPU (Graphics Processing Unit). Hal tersebut tidak benar, karena saat diinstall aplikasi Quadrant, terbaca bahwa GPU hp ini adalah Broadcom series. GPU sendiri merupakan unit pemrosesan grafik yang sangat berpengaruh terhadap kemampuan sebuah ponsel untuk menjalankan sebuah game. Bagaimana kemampuannya? Saat dites menggunakan aplikasi Benchmark Qudrant, handphone Android ini menghasilkan score di angka 1160. Sedangkan bila menggunakan aplikasi Neocore, hasilnya sekitar 30-32 FPS (frame per second). GT-S5570i dapat menjalankan game 2D maupun 3D dengan cukup baik. Untuk permainan yang langsung di download (unduh) melalui Google Play Store (Market) kebanyakan tidak akan ada masalah ketika dimainkan pada ponsel ini.

Kemampuan Game Galaxy Mini Vs Galaxy Mini Pop Plus

Untuk membandingkan keduanya secara langsung sebenarnya agak susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan perbedaan GPU yang digunakan. Galmin menggunakan GPU Adreno 200, sedangkan Pop Plus menggunakan Broadcom series. Akibatnya game yang dapat berjalan dengan baik di Galaxy Mini belum tentu dapat berjalan di Mini Pop Plus dan sebaliknya. Untuk kemampuan menjalankan permainan 2D, keduanya tidak terlalu berbeda. Hampir semuanya dapat berjalan tanpa masalah.

Masalah mulai timbul ketika akan menginstall game 3D HD (High Definition) pada Pop Plus. Dalam hal ini, kemampuan Samsung Galaxy Mini cenderung lebih baik dari sisi kompatibilitas. Adreno series merupakan salah satu jenis GPU yang paling banyak digunakan pada ponsel Android, oleh karena itu banyak developer game yang mengoptimalisasi permainan buatannya agar dapat berjalan dengan baik pada perangkat yang menggunakan Adreno. Akibatnya jenis dan judul game yang dapat diinstall pada SGM relatif lebih banyak dibanding Pop Plus (dalam kondisi STANDAR).

Samsung Galaxy Pop Plus GT-S5570i bukan berarti tidak dapat memainkan permainan 3D. Beberapa game dengan judul terkenal masih dapat dimainkan pada HP ini tanpa kendala, misalnya Pro Evolution Soccer 2012, GT Racing: Motor Academy, The Sims 3, dll. Apabila Anda ingin agar ponsel ini dapat mendukung lebih banyak judul game, maka Anda harus melakukan proses root (Baca: Apa itu root Android) setelah itu menginstall aplikasi tambahan, yaitu Chainfire 3D.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Mini Pop Plus S5570i:

Kelebihan:

  • Ukuran layar lumayan luas, sehingga mudah untuk melakukan pengetikan maupun bermain game
  • Kinerja responsif
  • Harga terjangkau

Kekurangan

  • Resolusi layar hanya 240×320 pixel, sehingga gambar terlihat kurang halus
  • Kamera tidak auto fokus
  • GPU menggunakan Broadcom, beberapa game tidak kompatibel dengan GPU jenis ini

FAQ (Frequently Asked Questions)

  • Beda Galaxy Mini dengan Pop Plus apa?
  • Jawab: Beda Processor dan GPU yang digunakan
  • Apakah Pop Plus memiliki GPU (Graphics Processing Unit)
  • Jawab: Ada, yaitu Broadcom. Penjelasan lebih detail baca artikel diatas
  • Apakah Firmware (ROM) Galaxy Mini baik standar pabrik maupun custom dapat diinstall pada POP Plus?
  • Jawab: Sangat TIDAK bisa, keduanya berbeda hardware, jadi jangan pernah sekali-kali menginstall ROM Mini pada Pop Plus maupun sebaliknya, bisa menyebabkan kerusakan fatal.
  • GPU dan Processor yang digunakan POP Plus mirip dengan Galaxy Young GSM ya?
  • Jawab: Benar sekali, hardware keduanya memang mirip, oleh karena itu performa dan kemampuan gamingnya juga tidak terlalu berbeda.

Kesimpulan

Galaxy Mini Pop Plus menggunakan processor 832 MHz yang lebih cepat dibanding Mini sebelumnya yang menggunakan prosesor berkecepatan 600 MHz. Hanya saja penggantian processor ini tidak dapat dikatakanupgrade yang signifikan apalagi bila dilihat dari kemampuan gamingnya.

Untuk membandingkan keduanya saya menggunakan aplikasi Benchmark Quadrant dan Neocore. Kedua aplikasi ini merupakan aplikasi yang berguna untuk mengetes kemampuan sebuah ponsel Android. Aplikasi Quadrant mengetes kemampuan prosesor, memori dan kemampuan grafik. Sedangkan Neocore lebih berfokus pada kemampuan pemrosesan grafiknya.

Hasilnya? Saat dites menggunakan Quadrant, Galaxy Pop Plus mendapatkan nilai sekitar 1160, lebih tinggi dari Mini yang mendapatkan nilai sekitar 600-an untuk yang menggunakan OS Froyo dan score 870 untuk SGM yang menggunakan Gingerbread. Bila menggunakan aplikasi Neocore, justru nilai S5570 (Mini) yang lebih tinggi, yaitu sekitar 41-43 FPS dibanding Pop Plus yang mendapat score sekitar 30-32 FPS.

Artinya untuk penggunaan sehari-hari, misalnya untuk multi tasking, membuka file office, internetan, dll, S5570i (PopPlus) akan relatif lebih responsif. Namun apabila untuk kemampuan gaming, khususnya permainan 3D, Galmin S5570 cenderung lebih dapat diandalkan. Mana yang lebih baik? tergantung kebutuhan masing-masing :). Demikianlah review Samsung Galaxy Mini Pop Plus persembahan gadoga.com, semoga bermanfaat.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi