Review Samsung Galaxy Note 3

9 September 2013

Samsung Galaxy Note 3 sudah diperkenalkan pada ajang IFA (Internationale Funkausstellung Berlin) 2013 di Berlin, Jerman beberapa waktu lalu. Dengan desain yang cukup fresh dibanding kedua seri Note sebelumnya dan juga tentunya dengan perbaikan dari sisi spesifikasi, tampaknya Samsung ingin tetap mempertahankan gelarnya sebagai produsen yang menguasai pangsa pasar, khususnya pada kategori smartphone ukuran phablet (phone-tablet).

Pada artikel kali ini kami akan me review Samsung Galaxy Note III dengan membahas kelebihan dan kekurangannya berdasarkan produk yang sudah diperkenalkan pada ajang IFA 2013. Di Indonesia sendiri, Samsung Galaxy Note III saat ini sudah bisa dipesan dengan cara melakukan pre-order.

Harga Samsung Galaxy Note 3

  • Baru: Rp. 8.100.000
  • Bekas: -

Foto Samsung Galaxy Note 3

Samsung Galaxy Note 3

Samsung Galaxy Note 3

Kelebihan Samsung Galaxy Note 3

Desain Bagus. Bicara mengenai desain atau model memang kembali lagi kepada selara pengguna masing-masing. Kalau saya pribadi menyukai model Samsung Galaxy Note III yang cenderung berbentuk mengotak karena sudah mulai merasa bosan dengan model-model Galaxy yang lain yang terkesan mirip-mirip. Bila dilihat sekilas, bentuknya mirip dengan Galaxy S2 yang juga berbentuk kotak.

Cover baterai elegan. Bagian belakang atau penutup baterai Note 3 masih menggunakan plastik. Namun diatasnya dilapisi oleh semacam lapisan mirip kulit yang membuatnya nyaman di genggam, tidak licin, tidak meninggalkan bercak sidik jari dan juga membuatnya tampil elegan.

Layar lebih besar, ukuran lebih ramping, lebih tipis, lebih enteng dibanding Note 2. Samsung Galaxy Note 3 memiliki layar berukuran 5,7 inchi, lebih besar dibanding Note 2 yang menggunakan layar 5,5 inchi. Namun demikian, Note 3 lebih ramping dengan ukuran 79,2 mm (Note 2 = 80,5 mm) dan juga lebih ramping dengan ketebalan hanya 8,3 mm (Note 2 = 9,4 mm). Beratnya pun mengalami penyusutan menjadi 168 gr (Note 2 = 183 gr). Note 3 hanya lebih panjang 0,1 mm dibanding Note 2, tentu saja hal tersebut sangat tidak berarti. Hal ini bisa terjadi karena lis/bezel layar pada Note 3 lebih tipis dibanding Note 2.

Hardware Prima.  Samsung Galaxy Note 3 akan diluncurkan beberapa versi. Ada yang menggunakan processor Qualcomm Snapdragon 800 (MSM8974) berkecepatan 2.3 GHz + GPU Adreno 330, ada juga yang menggunakan chip Samsung Exynos Octa 5420 (quad-core 1.9 GHz, four – with a 1.3 GHz ) + GPU ARM Mali-T628 MP6. Chipset Qualcomm maupun Exynos yang digunakan adalah termasuk generasi yang terbaru dan tentu saja akan memberikan pengalaman yang memuaskan dan lebih baik dari generasi sebelumnya.

Kapasitas memori RAM Besar. Kapasitas RAM Samsung Galaxy Note 3 adalah sebesar 3GB dan menjadikannya sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM sebesar 3 GB. Efek-nya, pekerjaan multi tasking(membuka beberapa aplikasi sekaligus) menjadi lebih lancar, lebih cepat dan tanpa lag.

Baterai bisa dilepas / diganti. Saat ini cukup banyak produsen lain yang menciptakan smartphone dengan desainunibody yang mengakibatkan baterai tidak bisa dilepas. Namun untuk Samsung tetap mempertahankan konsep baterai bisa dilepas seperti seri-seri sebelumnya. Dan ini adalah merupakan nilai plus. Baterainya adalah jenis Li-Ion berkapasitas 3200 mAh, lebih besar 100 mAh dibanding Note II yang menggunakan baterai berkapasitas 3100 mAh.

Layar dengan resolusi Full HD dan kualitas menawan. Layar Samsung Galaxy Note 3 memiliki ukuran 5,7 inchi dengan resolusi 1080 x 1920 pixels berteknologi Super AMOLED capacitive touchscreen, 16 juta warna dan dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass generasi terbaru yang menjadikannya lebih tahan gores. Layarnya memiliki kerapatan 386 ppi (pixel per inchi), lebih baik dibanding Note 2 yang memiliki tingkat kerapatan “hanya” 267 ppi. Hasilnya, walau ukuran layar lebih besar, namun Note 3 akan menampilkan gambar yang lebih halus dibanding Note 2. Untuk kualitas warna layarnya juga tidak perlu diragukan lagi, dengan teknologi Super AMOLED, menjanjikan warna-warna yang terlihat cerah dan juga tingkat kontras yang baik.

Memiliki Kamera Dengan Kualitas Baik. Samsung Galaxy Note 3 diperlengkapi dengan kamera utama berkekuatan 13 MP (4128 x 3096 pixels) dilengkapi dengan lampu flash dan juga kamera depan 2 MP untuk video call atau self portrait. Untuk fitur perekaman video-nya juga tidak tanggung-tanggung, dapat merekam video dengan resolusi 2160p @30 fps atau full HD 1080p @60 fps.

Memiliki Slot SD Card. Kapasitas memori internal Samsung Galaxy Note adalah 32 GB, dan bila kurang masih bisa ditambah dengan microSD dengan kapasitas 64 GB. Sudah lebih dari cukup untuk digunakan sehari-hari.

Sistem operasi Android terbaru. Samsung Galaxy Note 3 menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean versi 4.3 yang dikemas dalam tampilan khas Samsung yang dinamakan TouchWiz. Sistem operasi ini mendukung fitur multi window dimana dapat menampilkan dua aplikasi berjalan secara bersamaan.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 3

Body dari plastik. Material pembuat Samsung Galaxy Note 3 mayoritas terbuat dari plastik. Hal ini membuatnya terlihat tidak terlalu elegan, misalnya bila dibandingkan dengan Sony Xperia Z Ultra.

Kesimpulan Review Samsung Galaxy Note 3

Pada Note 3 ditemukan banyak penyempurnaan dibandingkan seri Note sebelumnya. Sebut saja layar lebih lega namun ukuran lebih kecil, desain lebih fresh, kamera lebih baik, performa lebih baik dan juga dukungan fitur serta software yang lebih baru.

Apabila Anda saat ini adalah pengguna Samsung Galaxy Note 2 dan Anda memiliki dana berlebih, maka kami dapat katakan Note 3 layak untuk dipilih sebagai phablet Anda selanjutnya.

Apabila Anda hanya sekedar membutuhkan phablet untuk menulis catatan, browsing internet atau untuk menonton film/streaming pada gadget untuk mengisi waktu, maka sebenarnya hal tersebut masih dapat ditangani dengan baik oleh Note 2 atau Note 1 sekalipun. Karena pada kenyataannya, masih banyak pengguna yang belum memaksimalkan penggunaan atau semua fitur yang dimiliki oleh seri Galaxy Note.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi