Pertanyaan Yang Sering diajukan Seputar Samsung Galaxy J7 Prime



26 November 2016 oleh Ted

Beberapa bulan yang lalu Samsung meluncurkan Galaxy J7 Prime sebagai lanjutan dari J7 (2016). Tapi kalau dibilang sebagai pengganti seri sebelumnya, saya rasa agak kurang tepat juga. Kenapa bisa begitu? Baca terus Samsung J7 Review kali ini dan semoga setelah membacanya, sobat bisa menentukan apakah layak untuk meminang handphone Android ini atau tidak.

Spesifikasi Singkat Samsung Galaxy J7 Prime:

  • Ukuran: 151.7 x 75 x 8 mm, berat 167 gram
  • Layar: 5.5-inch Full HD (1080 x 1920 pixels)
  • Prosesor: Exynos 7870 Octa Core, 1.6 GHz Cortex-A53. GPU Mali-T830MP2
  • Memory: Internal 32GB, RAM 3GB + Slot Micro SD
  • Kamera belakang: 13 MP, Depan: 8MP

FAQ / Pertanyaan yang sering diajukan seputar Samsung Galaxy J7 Prime

Berapa Harga Samsung J7 Prime?

  • Rp. 3.700.000- Rp. 3.800.000,-

Dalam paket penjualannya mendapatkan handheld / perangkat handphone, charger, kabel charger yang berfungsi juga sebagai kabel data, earphone model biasa (bukan in-ear), pin untuk buka tray simcard, buku manual + kartu garansi.

* Harga saat artikel ini ditulis

Apa beda Galaxy J7, J7 (2016) dan J7 Prime?

J7 adalah generasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2015, sedangkan J7 (2016) adalah penerusnya. Perbedaan J7 (2016) dan versi '15 adalah adanya perbaikan dari processor dan besar RAM yang digunakan ada peningkatan dari yang sebelumnya 1.5GB menjadi 2GB RAM. Tapi kalau dari segi desain, keduanya hampir mirip walau tidak sama 100%. Secara garis besar, versi '16 adalah peningkatan / pengganti dari seri '15.

Sedangkan untuk J7 Prime memiliki perbedaan mencolok dari segi layar yang digunakan, desain RAM, Memori internal, dan juga kamera depan. Kelebihan J7 Prime dibanding J7 (2016):

  • Desain lebih mewah, Prime terbuat dari bahan aluminum (sebelumnya dari plastik)
  • Memiliki RAM 3GB (vs 2GB)
  • Memiliki memori lebih besar yaitu 32GB (vs 16GB).
  • Kamera depan 8MP (vs 5MP).
  • Resolusi layar Full HD / 1080p (vs 720p)
  • Memiliki Finger Print Sensor

Namun apakah J7 Prime layak kita beli untuk menggantikan J7 (2016)? Baca terus artikel ini, sobat bisa memutuskan nanti.

Desain

Apakah Desainnya Bagus?

Cuma satu kata: Cakep! Samsung J7 Prime memiliki body sebagian besar terbuat dari alumunium. Hal ini membuatnya terlihat mewah dan mahalan. Memang kalau di foto mungkin kurang terlihat kerennya, sobat perlu melihat barang aslinya dulu baru bisa merasakan bedanya (dibandingkan seri J7 sebelumnya).

Hanya saja, kalau dilihat-lihat, modelnya kok mirip Oppo F1s

Apakah terasa nyaman dan mantap saat dipegang?

Agak sedikit licin (khas bahan alumunium) tapi tidak sampai mengganggu. Karena build quality-nya bagus, maka saat digenggam akan terasa kokoh, presisi dan saya rasa akan kuat kalau terjatuh (secara tidak sengaja).

Ukuran J7 Prime termasuk kecil, sedang atau besar?

Dimensinya adalah 151.7 x 75 x 8 mm dengan berat 167 gram. Masuk kategori sedang ke besar. Masih lah muat untuk masuk kantong celana. Untuk ukuran tangan wanita, agak sulit kalau mau mengetik menggunakan satu tangan.



Layar

Berapa Ukuran dan Resolusi Layarnya?

5.5 inchi dengan resolusi Full HD atau 1920 x 1080 pixel. Memiliki kerapatan 401ppi

Apakah Samsung J7 Prime menggunakan teknologi Super AMOLED?

Jangankan super, teknologi AMOLED biasa saja tidak ada. Layar J7 Prime menggunakan teknologi TFT PLS Kapasitif.

Katanya J7 Prime memiliki kaca 2.5d, maksudnya apa?

Ini artinya ujung dari layar kaca yang digunakan agak sedikit melengkung, tapi tidak sampai melengkung besar seperti Samsung S7 Edge, hanya sedikit saja. Walau cuma sedikit tapi hal ini membuat desain J7 Prime terlihat makin manis dan enak dilihat.

Mendukung Multi Touch Berapa Sentuhan?

10 sentuhan

Apakah layarnya sudah menggunakan Gorilla Glass?

Sudah. Walau begitu, tetap disarankan menambahkan Tempered Glass karena walau sudah Gorilla Glass bukan berarti 100% tahan goresan.

Apakah tulisan masih jelas terbaca dibawah terik matahari?

Masih bisa terbaca jika settingan Brightness tinggi atau dalam mode Outdoor.

Kenapa kalau saya tekan dengan keras layar Galaxy J7 Prime terlihat seperti ada bercak hitam sekilas?

Kalau sobat menekan layarnya dengan ditekan keras dan seperti ada bercak hitam atau bleber sedikit (seperti jaman layar resistif dulu), sobat tidak perlu khawatir, itu normal dan tidak berbahaya. Memang kalau pakai layar TFT terkadang seperti itu.

Jadi, secara garis besar layarnya termasuk kategori bagus atau jelek?

Masuk dalam kategori bagus, hanya saja kalau sobat menyukai warna layar yang mencolok / punchy / vivid, maka lebih baik membeli ponsel dengan layar Super AMOLED, misalnya J7 (2016) karena warnanya lebih "nendang". Tapi kalau menyukai warna yang natural dan seperti aslinya, maka J7 Prime adalah pilihan yang tepat.

Memori

Berapa sisa memori internal yang bisa dipakai di Galaxy J7 Prime?

Untuk kapasitas memorinya adalah sebesar 32GB, yang bisa digunakan oleh pengguna adalah sekitar 24GB (sisanya dipakai oleh sistem dan aplikasi).

Apakah ada slot Micro SD?

Ada, support kartu memori sampai 256GB.

Apa slot-nya sistem hybrid?

Tidak / bukan jenis hybrid seperti ponsel sekarang pada umumnya. J7 Prime memiliki slot khusus untuk kartu memori eksternal. Jadi kita bisa pakai Dua Buah Kartu SIM CARD ditambah satu kartu Micro SD secara bersamaan (tidak perlu gantian).

Berapa kapasitas RAM + Sisa yang bisa terpakai?

Besar RAM 3GB, saat baru pertama kali dinyalakan (belum install aplikasi pihak ketiga), sisa RAM yang bisa digunakan sebesar 1.5 GB lebih.

Baterai

Berapa Kapasitas Baterainya?

3.300 mAh

Apakah Baterai Samsung Galaxy J7 Prime bisa dilepas?

Karena desainya unibody / menyatu, maka baterai tidak bisa dilepas.

Apakah baterainya awet?

Walau kapasitas batre tidak terlalu jumbo, tapi ternyata daya tahan baterainya masuk dalam kategori baik. Dengan penggunaan cukup berat masih bisa mencapai satu hari full tanpa cas.

Berapa lama waktu pengecasannya?

Sayangnya ponsel ini tidak mendukung teknologi Fast Charging dari Samsung. Dari kondisi 10% sampai full charge membutuhkan waktu dua jam lebih, tapi tidak sampai 3 jam.

Kamera

Berapa Resolusi Kameranya?

Kamera belakang 13 MP dan Depan 8MP

Apakah kualitas kamera Galaxy J7 Prime Bagus?

Lumayan, tidak terlalu istimewa tapi juga tidak buruk. Bisa dibilang nilai rata-ratanya 7 (dari skala 1-10). Warna foto yang dihasilkan seperti biasa-biasa saja, tidak terlalu tajam dan dynamic range yang agak kurang karena ketika dipakai untuk memfoto objek yang memiliki perbedaan antara terang dan gelap cukup besar, J7 Prime menghasilkan foto yang terlalu terang atau terlalu gelap.

Performa

Ponsel ini menggunakan prosesor Exynos 7870 Octa Core, 1.6 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T830MP2 untuk mengelola tampilan grafiknya. Kalau mau disetarakan dengan keluaran Qualcomm, maka performanya kurang lebih setara dengan seri Snapdragon 650.

Apakah Samsung Galaxy J7 Prime Bisa Buat Main Game Berat?

Bisa, tapi..... rata-rata kalau dicoba untuk memainkan memainkan game terbaru yang berat, kita perlu mengatur settingan grafik ke tingkat medium bahkan low. Dan itupun terkadang masih terjadi sedikit lag tapi masih dalam batas wajar.

Kalau dibandingkan, performa gamingnya masih lebih baik yang versi J7 (2016). Kemungkinan hal ini disebabkan J7 Prime menggunakan layar Full HD (1920x1080 pixel) sehingga baik processor maupun GPU bekerja lebih keras dibanding J7 2016.

Bagaimana dengan kemampuan multi taskingnya, apakah bagus?

Anehnya, walaupun menggunakan RAM 3GB, tapi setelah kita membuka beberapa aplikasi sekaligus lalu kita membuka aplikasi sebelumnya, ternyata kita harus membuka aplikasi itu dari awal lagi. Jadi, terkesan RAM sebesar 3GB itu seperti mubasir karena tidak bisa mendukung kemampuan multi taskingnya dengan cukup baik atau bisa dibilang tidak terlalu ada bedanya dengan ponsel yang memilki RAM 2GB.

Kami belum tahu apakah ini akibat firmware yang digunakan atau memang pengaturan dari sananya seperti itu. Mudah-mudahan apabila ada update firmware akan lebih dimaksimalkan lagi kemampuan multi taskingnya.

Berapa Skor AnTuTu Samsung J7 Prime?

Skornya adalah di kisaran 44 ribuan, dibawah J7 (2016) yang memiliki skor 49 Ribuan.



Lain-lain

Apakah Galaxy J7 Prime Bisa Digunakan Untuk Memainkan Game Virtual Reality / nonton 360 video?

Jawabannya adalah tidak bisa, karena ponsel ini tidak memiliki sensor gyroscope. Jangankan gyro, sensor magnet pun tidak ada, jadi kita tidak bisa menggunakan hp ini sebagai kompas. Untuk keperluan gaming hanya disediakan sensor accelerometer.

Apakah J7 Prime bisa dipakai untuk main Pokemon Go?

Tidak bisa, karena tidak ada sensor Gyroscope

Apakah ada sensor cahaya / light sensor?

Tidak ada. Jadi untuk pengaturan tingkat kecerahan layar harus dilakukan secara manual. Hmm... sesuatu yang sangat disayangkan mengingat harga handphone Android ini mencapai tiga juta lebih.

Apakah J7 Prime ada lampu LED Notifikasi?

Ada, letaknya di bagian kanan atas layar.

Apakah ada fitur Finger Print Scanner?

Ada, terletak di tombol HOME di bagian depan.

Apakah respon sensor sidik jarinya cepat?

Lumayan, tidak terlalu cepat tapi juga tidak sampai menggangu. Kurang lebih memakan waktu 1 detik dari saat jari ditempelkan lalu layar menyala.

Loudspeakernya stereo atau mono?

Speakernya adalah jenis mono / hanya satu speaker saja. Uniknya, penempatan lubang speaker ada di sebelah kanan atas di bagian samping ponsel. Hal ini memiliki kelebihan speaker tidak akan tertutupi saat ponsel diletakkan di bidang yang empuk.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime Indonesia

Kelebihan:

  • Desain premium, bahan terbuat dari aluminum
  • Baterai awet
  • Layar Full HD
  • RAM 3GB
  • Slot Micro SD Khusus (Bukan jenis Hybrid)
  • Ada lampu LED Notifikasi
  • Saya menyukai posisi speaker yang disamping.

Kekurangan:

  • Performa biasa-biasa saja
  • Sensor minim
  • Tidak ada sensor cahaya (Light Sensor)

Apakah Samsung Galaxy J7 Prime Layak Untuk Dibeli?

Hmm... kalau untuk hal ini saya tidak bisa menyarankan apakah layak untuk dibeli atau tidak. Karena J7 Prime memiliki kelebihan tapi juga kekurangan yang lumayan bikin garuk-garuk kepala, karena sebenarnya kekurangan itu sepele tapi cukup merepotkan.

Sebagai contoh ketiadaan sensor cahaya / light sensor. Hal ini akan merepotkan bagi orang yang sering berpindah dari tempat terang ke tempat gelap karena harus mengatur tingkat kecerahan layar secara manual / tidak otomatis.

Lalu ketiadaannya sensor gyroscope membuat handphone ini kurang up-to-date. Padahal saat ini sudah dimulai jamannya aplikasi, game virtual reality (Contohnya Pokemon Go) dan juga konten 360 derajat, bahkan Samsung sendiri pun lagi gencar memasarkan kamera 360-nya.

Memiliki desain yang premium dan tidak malu-maluin kalau disandingkan dengan ponsel 6 juta keatas, daya tahan baterai baik, layanan service center tersebar di seluruh Indonesia, serta resale value (harga jual kembali) yang bagus merupakan kelebihan utama dari Samsung Galaxy J7 Prime dibandingkan kompetitor di kisaran harga yang sama.

Jadi, semua balik lagi ke kebutuhan masing-masing. Jika kebutuhan sobat adalah untuk aktivitas sehari-hari, selfie, chatting, menggunakan media sosial, untuk mendukung pekerjaan kantor, jualan online atau sekedar untuk bergaya, maka J7 Prime bisa jadi adalah ponsel yang cocok untuk sobat.

Tapi kalau kebutuhan sobat untuk main game, lebih disarankan ambil J7 (2016) atau beli ponsel merk lain yang memiliki spesifikasi processor dan GPU yang lebih baik.

Yah, mungkin ini memang trik dagang dari Samsung, kalau J7 Prime dibuat "sempurna" bisa-bisa produk lainnya ga laku kan. Demikianlah review kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime, semoga berguna



Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi