Review Speaker SoniC Gear Quatro 2

11 Mei 2015 Oleh Ted

Sebelum Anda meneruskan membaca artikel ini, saya ingin menginformasikan di awal bahwa saya bukanlah orang yang ahli dalam bidang Audio dan artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dari tes berbagai merk dan jenis speaker yang pernah saya miliki.

Kali ini saya akan membahas mengenai speaker komputer murah buatan Sonic Gear yaitu seri Quatro 2 yang dijual dengan harga sekitar 100 ribuan (range Rp. 95.000-120.000)

Desain



Quatro 2 dipacking dengan menggunakan kardus yang ukurannya pas dengan kedua speaker 2.0 ini. Desain kardusnya terlihat profesional dan meyakinkan serta cukup aman melindungi barang di dalamnya.

Dari segi desain saya perlu ancungi jempol. Karena walau speker komputer ini berharga murah, tapi tampilannya tidak murahan. Terdapat pilihan warna (ring di depan): Merah, Biru, Kuning, abu2 dan Hijau.

Bahannya terbuat dari plastik namun ada aksen bergaris-garis yang membuat speaker ini terlihat seperti ada campuran bahan aluminumnya. Kalau keterangan di kardusnya: "Unique Styling with latest in mould brush alumunium finish"



Tidak ada tombol ON-OFF pada speaker, untuk menyalakannya tinggal colok saja ujung USB ke komputer. Sedangkan untuk jack audionya merupakan tipe 3.5 mm yang umum digunakan. Untuk mengatur volume menggunakan putaran yang berada di tengah-tengah kabel.

Kalau Anda ingin menggunakan speaker ini untuk mendengarkan musik dari MP3 Player (DAP) atau dari ponsel, maka untuk mentenagai Quatro 2 bisa dengan menyambungnya ke charger ponsel atau bisa juga menggunakan kabel USB OTG, tapi ini tergantung ponsel / tabletnya support atau tidak.

Review Speaker Sonic Gear Quatro 2: Kualitas Suara Bass

Kalau menurut promosi di kardusnya, speaker komputer murah ini memiliki built-in bass reflex panels for deep and powerfull bass yang artinya: memiliki panel bass reflex untuk menghasilkan suara bass yang dalam dan kencang.

Apa sih maksudnya bass reflex panel? Yang dimaksud adalah bagian elastis seperti karet yang terletak di sisi kiri dan kanan speaker. Fungsi panel ini adalah saat ada suara dia akan ikut bergetar akibat getaran dari driver speaker. Efeknya adalah memperkuat suara bass.



Bagaimana performa aktualnya? Menurut saya suara bass nya terdengar baik untuk ukuran speaker 2.0 (tanpa subwoofer). Memang Anda tidak akan mendapatkan suara bass yang dalam, tapi suara bass dari musik atau efek suara yang dimainkan terdengar dengan cukup jelas dan bersih. Bisa dibilang suaranya tidak akan jedum jedum tapi lebih ke dep dep, terdengar jelas dan padat.

Jujur saja saya pernah beberapa mencoba beberapa speaker yang berharga lebih mahal dan bahkan dilengkapi dengan subwofer kecil, namun suaranya masih kalah dengan Sonic Gear Quatro 2.

Kualitas Mid Tones

Untuk kualitas suara mid tones bisa dibilang baik (menurut saya ). Suara vokal terdengar dengan jelas dan bersih.

Kualitas Suara Treble

Untuk suara treble masuk dalam kategori baik. Memang tidak akan jernih sekali bunyi cring cring-nya, tapi menurut saya itu sudah cukup dan musik masih terdengar enak untuk di dengar.

Kesimpulan Review SonicGear Quatro2:

Dalam promosinya Sonic Gear menulis "Out-Off-This-World Audio Power" yang artinya kualitas suaranya tidak bisa disamakan dengan apapun yang ada di dunia saat ini. Pernyataan yang lebay sebenarnya tapi menurut saya ada sedikit benarnya. Bila dibandingkan harganya, kualitas suara speaker komputer murah ini bisa dibilang salah satu yang terbaik yang bisa didapatkan saat ini.

Jadi, kalau Anda sedang mencari speaker komputer murah terbaik di kisaran 100 ribuan, maka Sonic Gear Quatro 2 bisa jadi pilihan Anda. Sebagai informasi, saya bukan karyawan Sonic Gear atau ada kerjasama dengan mereka dan sekali lagi saya ingatkan, saya masih awam di bidang audio, jadi ada baiknya sebelum memutuskan membeli, Anda bisa tes langsung dulu dan bandingkan.

Tapi kalau Anda sekedar cari speaker untuk menggantikan speaker laptop biar lebih enak di dengar atau lebih kencang (misalnya kalau lagi mau presentasi), maka tidak perlu pusing, Quatro 2 sudah dapat memenuhi kebutuhan itu. Semoga berguna salam - gadoga.com



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi