Kelebihan & Kekurangan SPC L54


7 April 2018 Oleh Ted

Mungkin sebagian dari sobat kurang familiar dengan merk SPC, padahal merk ini sudah cukup lama beredar. Saya mungkin sekitar 5 tahun yang lalu pernah beli handphone merk ini dan kualitasnya cukup baik. Pada artikel kali ini kita akan review SPC L54, yaitu ponsel Android dengan layar 18:9 (Full View Display) yang saat artikel ini ditulis adalah yang termurah dibanding smartphone Android dengan layar 18:9 lainnya. Saya membelinya dengan harga 800 ribu kurang.

FOTO SPC L54

Bagian belakangnya terbuat dari plastic glossy atau mengkilat. Dan bagian belakangnya bisa dibuka. Untuk build quality ponsel ini terbilang cukup, sesuai harganya. Semua body terbuat dari plastik kecuali layarnya. Saat digenggam terasa cukup solid.


SPESIFIKASI SPC L54

  • Layar 18:9 ukuran 5"
  • Processor QuadCore 1.3GHz
  • GPU Mali T820
  • RAM 1GB ROM 8GB
  • Micro SD up to 32GB (dedicated slot)
  • Dual SIM 4G
  • Kamera Belakang 8MP Auto Focus. Video Recording Full HD
  • Kamera Depan 8MP Fixed Focus
  • Baterai 2150mAh (removable)

ISI PAKET PENJUALAN:

  • 1 Unit SPC L54
  • Buku petunjuk Bahasa Indonesia.
  • Baterai yang bisa dilepas berkapasitas 2150 mAh.
  • Kabel Micro USB.
  • Charger berukuran 1 Ampere
  • Dapat casing softcase warna transparan
  • Earphone model in ear
  • Kartu garansi.

KELEBIHAN SPC L54 FULL VIEW DISPLAY

Kelebihan #1: Made in Indonesia

Yang pertama adalah, ponsel ini adalah merk lokal dan juga dibuat di Indonesia. Kita harus dukung merk Indonesia guys.

Kelebihan #2: Support 4G

Kelebihan kedua adalah ponsel ini support 4G di kedua slotnya.

Kelebihan #3: Dedicated Slot Micro SD

Ponsel ini memiliki slot Memori Card khusus atau bukan jenis hybrid, jadi kita bisa pasang dua SIM Card plus satu Micro SD

Kelebihan #4: fitur Smart Wake

Ponsel ini memiliki fitur Smart Wake dimana kita bisa ketuk layar dua kali untuk menyalakan layar atau melakukan gestur untuk mengaktifkan fitur tertentu.

Kelebihan #5: Desain

Saya beli ponsel ini dengan harga tidak sampai 800 ribu, tapi dengan desain layar 18:9 dan layar bersudut 2.5d, tampilannya terkesan lebih mahal dari harganya.

Kelebihan #6: Tidak banyak BloatWare

BloatWare adalah aplikasi yang jarang dipakai tapi memberatkan handphone. Untungnya di HP ini tidak banyak aplikasi semacam ini.

Kelebihan #7: Bisa rubah SD Card jadi memori internal

HP ini memiliki fitur untuk merubah SD Card menjadi memori internal. Sobat bisa membaca caranya pada artikel berikut: Mengatasi memori internal Android hampir penuh.

Kelebihan #8:

Baterai bisa dilepas.

Kelebihan #9: Ada FM Radio.

Ponsel ini memiliki fitur FM Radio. Untuk mengaktifkan fitur ini kita perlu colok headset.

KEKURANGAN SPC L54 FULL VIEW LCD

Kekurangan #1: Kapasitas baterai kecil.

SPC L54 menggunakan baterai dengan kapasitas 2150mAh. Kapasitas ini terbilang kecil, tapi karena ukuran layar tidak terlalu besar, resolusinya juga tidak terlalu tinggi, processor juga hanya pakai Quad Core, daya tahan baterainya tidak terlalu buruk. Namun dengan pemakaian normal, agak sedikit sulit untuk mencapai satu hari penuh. Screen On Time sekitar 4-5 jam.

Kekurangan #2: Kualitas layar

Sensitivitas layar: Layar tidak sesensitif merk terkenal. Tapi sobat Jangan salah, tidak ada masalah sama sekali dengan sentuhan layarnya dan sobat bisa gunakan dengan normal tanpa kendala. Tapi kalau sobat pernah pegang hp yang punya teknologi layar lebih baik dan juga lebih mahal tentunya, pasti akan terasa beda respon sentuhan dengan hp ini. Balik lagi, sesuai harganya lah. Layarnya mendukung multitouch dua titik sentuhan.

Sudut Penglihatan: Untuk sudut penglihatan layarnya terbilang tidak terlalu baik, bisa sobat lihat kalau kita miringkan handphonenya, warnanya jadi terlihat pucat atau pudar. Tapi sebenarnya ini tidak terlalu mengganggu karena kita biasanya kan melihat dari depan.

Perlindungan layar: Untuk layarnya tidak menggunakan perlindungan dari Gorilla Glass, tapi sudah mendapatkan anti gores yang terpasang sejak awal. Hanya saja anti goresnya bukan jenis kaca, jadi masih relatif mudah baret-baret. Tapi ya lumayan daripada tidak ada sama sekali.

Tingkat Kecerahan layar: Untuk tingkat kecerahan layar saya kasih nilai cukup baik. Dibawah terik matahari layar masih bisa terlihat. Untuk warna yang dihasilkan juga terbilang bagus dengan kontras yang cukup.

Resolusi Layar: Saya tidak bisa memastikan resolusi layarnya berapa karena tidak ditulis di spesifikasinya. Kalau dicek menggunakan aplikasi AIDA 64, tertera resolusi layar adalah 480x960 pixel, tapi ini bisa saja salah karena bisa terlihat bahwa aplikasi ini juga salah mendeteksi ukuran diagonal layarnya yang ditulis 5,46 inchi, padahal ukuran layarnya hanya 5 inchi. Kalau pakai CPU-Z hasilnya juga sama saja.

Kekurangan #3: Tidak ada sensor sidik jari

Sebenarnya mengingat harga yang ditawarkan, wajar kalau handphone ini tidak memiliki sensor sidik jari. Tapi berhubung merk lokal lainnya di kisaran harga yang sama sudah ada yang pakai sensor sidik jari, jadi saya masukkan di dalam bagian kekurangan.

HAL YANG BIASA-BIASA SAJA

Sekarang kita akan bahas hal yang biasa-bisa saja. Dalam arti bukan kelebihan, bukan juga kekurangan, tapi hal-hal yang wajar atau sesuai dengan rentang harga ponsel ini.

Kemampuan Gaming: biasa aja

SPC L54 dapat menjalankan game-game terkenal dengan relatif tanpa masalah tapi settingan grafisnya harus di bagian low atau rendah. Berikut adalah beberapa game yang sudah dites di handphone ini dan dapat berjalan dengan normal.

  • Dead Trigger 2
  • Asphalt 8
  • Real Racing 3
  • Arena of Valor (AOE)
  • Mobile Legends: Bang Bang
  • Subway Surfer

 

Sedikit catatan, untuk game yang terdapat tulisannya kecil-kecil, mungkin akan sedikit sulit terbaca tulisannya karena settingan grafis kita harus setting low agar game bisa berjalan.

Kualitas Kamera: biasa aja

SPC L54 menggunakan kamera belakang beresolusi 8MP auto fokus. Untuk kualitas kameranya terbilang lumayan. Tidak bagus, tidak juga jelek. Untuk shutter speed juga tidak terlalu cepat, wajar lah mengingat harganya. Ponsel ini dapat merekam video FULL HD. Untuk melihat contoh hasil foto dan rekaman videonya sobat bisa melihat video review kami (ada dibagian akhir artikel).

Untuk kamera depannya beresolusi 8MP juga, tapi tidak auto fokus. Ada beberapa pilihan untuk menyamarkan jerawat, mencerahkan kulit, memperbesar mata atau untuk meniruskan wajah. Kalau untuk kualitas kamera depannya menurut saya terbilang tidak ada yang istimewa.

Kualitas Speaker: Biasa Saja

Loudspeaker SPC L54 cukup kencang. Untuk kualitasnya biasa saja.

INFO TAMBAHAN

Jenis prosesor yang digunakan: Saya tidak dapat memastikan chipset yang digunakan itu apa karena di CPU-Z dan di AIDA 64 tidak tertera manufakturnya. Tapi kalau dilihat dari GPUnya yang menggunakn Mali T820 dan juga spesifikasinya, kemungkinan hp ini pakai processor Spreadtrum SC9850.

Score AnTuTu: Saya coba tes pakai aplikasi Antutu ternyata tidak bisa jalan jadi tidak ketahuan scorenya berapa.

Pengaturan Layar Penuh: Saat ini belum semua aplikasi mendukung rasio 18:9. Tapi kita bisa atur agar tampilannya bisa dipaksa menjadi full screen atau layar penuh. Pengaturan ini ada di bagian settings. Pilih “Mode Layar Penuh”. Lalu tinggal diaktifkan saja aplikasi mana saja yang mau ditampilkan secara penuh. Sebagai catatan, beberapa aplikasi yang belum support layar 18:9 jika dipaksa layar penuh, maka akan terlihat sedikit stretch atau seperti sedikit melar.

Pengaturan Tombol Navigasi: Untuk tombol menu dibawah kita bisa atur untuk disembunyikan. Caranya buka pengaturan. Pilih Navogation Bar. Kalau mau disembunyikan pastikan pilihan ini aktif. Kita juga bisa pilih beberapa kombinasi tombol. Ini bisa kita lihat di bagian kiri bawah ada seperti panah kecil, kalau kita klik dia akan menutup navigation bar. Untuk membukanya lagi, kita geser layar dari bawah ke atas.

Nonton YouTube di layar 18:9: Kalau lagi nonton Youtube, kita bisa Zoom dengan cara mencubit layar agar tertampil Full Screen.

OTG Support: Ponsel ini sudah support USB OTG (On The Go) yang berguna untuk memindahkan file dari dan ke USB Flash Disk. Atau bisa juga untuk nonton video dari Flasdisk

Kasasitas RAM: Untuk besar RAM-nya adalah 1 GB, namun yang tertera di system adalah 803MB.

Kapasitas Memori Internal: Sedangkan kapasitas memori internalnya adalah 8GB. Tadi saya sudah install beberapa aplikasi dan saat ini tersisa sekitar 4.34GB.

Versi OS: Untuk sistem Android yang digunakan adalah Android Versi 7.0 atau Android Nougat.

Sensor: Untuk sensor yang tersedia ada Accelerometer, sensor cahaya, proximity dan suara. Tidak ada sensor magnet dan lainnya.

KESIMPULAN REVIEW SPC L54

SPC L54 cocok bagi sobat yang ingin nyobain handphone dengan layar 18:9 tapi dengan dana terjangkau. Untuk performa sehari-hari terbilang cukup dan sepadan dengan harga yang dibayar. Ponsel ini terasa enak sekali digenggam dengan hanya satu tangan dan cukup terasa solid.

Tapi kalau sobat cari handphone dengan performa tinggi, maka lebih disarankan cari tipe lain. Misalnya sobat bisa lebih memilih SPC L53 yang memiliki kapasitas RAM serta Memori lebih besar dan juga memiliki kamera dengan kualitas lebih bagus.

Atau kalau punya dana 200 atau 300 ribu lebih banyak, mungkin bisa melirik merk "siomay" (ngerti kan maksudnya ). Hanya saja, 200 ribu itu juga adalah nilai yang lumayan. Jika dibandingkan dengan harganya, maka sobat harus menambah 30% dana lebih banyak. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan sobat.

Sobat juga bisa melihat video review SPC L54 berikut:



-review kelebihan kekurangan unboxing hands on spc l54 hp layar lokal layar 18:9 termurah murah-



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2018 gadoga.com - V23.03.8
Disclaimer | Kebijakan Privasi