Review, Spesifikasi dan Harga BlackBerry Q10 Indonesia

19 Agustus 2013

Setelah BlackBerry “bereksperimen” dengan seri Z10 yang memiliki bentuk full touch screen dan dengan pengoperasian yang banyak menggunakan sapuan layar, tampaknya BlackBerry kembali ke jati diri aslinya sebagai ponsel bisnis dengan meluncurkan BlackBerry Q10 yang kembali menggunakan papan keyboard fisik.

Dengan dukungan sistem operasi BB10 namun dilengkapi tombol QWERTY, tampaknya BlackBerry Q10 berusaha menarik minat para pengguna veteran BB sekaligus para pengguna generasi baru yang selama ini menganggap BB sebagai hp yang membosankan. Apakah berhasil? mari kita bahas lebih lanjut dalam review BlackBerry Q10 kali ini.

Harga BlackBerry Q10 Bulan September 2013:

  • Baru: Rp. 6.850.000,-
  • Bekas: Rp. 6.400.000,-

Distributor resmi BlackBerry di Indonesia adalah:

  • Teletama Artha Mandiri (TAM)
  • Comtech Selular
  • PT Surya Citra Multimedia (SCM).

Foto BlackBerry Q10

Review BlackBerry Q10

Review BlackBerry Q10

Keterangan Rating Review BlackBerry Q10

rating

Desain

4-bintang
Dimensi: 119.6 x 66.8 x 10.4 mm, berat: 139 gram.

Desain BlackBerry Q10 mirip dengan BB Dakota 9900 / Montana 9930. Yaitu memiliki keywboard QWERTY fisik dengan layar yang dapat disentuh dan bentuk form factor-nya pun mirip. Apabila orang melihat Q10 secara seketika akan mengetahui bahwa itu adalah gadget buatan BlackBerry, karena memang di sektor ini tidak banyak pesaingnya.

Pada BlackBerry Q10 tidak ditemukan trackpad, tombol panggilan dan juga tombol BACK, karena untuk navigasi antar menu semua dilakukan melalui sentuhan/sapuan layar.

Keypad BlackBerry Q10 disusun sejajar dan tampak terlihat rapi. Model keypad sekilas terlihat mirip dengan BB Porsche. Saat digunakan untuk mengetik, keyboard nyaman digunakan. Kami rasakan malah relatif lebih nyaman dibandingkan Dakota. Bagi Anda yang memiliki ibu jari berukuran ekstra juga tidak akan kesulitan untuk menggunakannya.

Build Quality BB Q10 terbilang baik walau menurut saya pribadi tampilannya terlihat simple. Saat digenggam terasa solid dan bahannya tidak licin serta tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Layar

3-bintang
3.1 inchi, 720 x 720 pixels Super AMOLED kapasitif multitouch

Layarnya memiliki perbandingan 1:1 (kotak) sehingga membuatnya agak kurang nyaman digunakan menonton video atau film yang rata-rata saat ini memiliki resolusi 16:9.

Untuk kualitas layarnya terbilang baik, dengan teknologi AMOLED membuatnya menghasilkan warna-warna yang cerah dengan tingkat kontras tinggi. Untuk tingkat kerapatan pixel-nya sedikit lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy SIII, Anda dapat membaca tulisan yang sangat kecil tanpa masalah. Tingkat sensitifitas layarnya baik dan responsif karena menggunakan layar jenis kapasitif.

Audio

4-bintang
3.5 mm audio jack, Loudspeaker

Kualitas suara yang dihasilkan melalui speaker maupun melalui headset terbilang baik dan jernih. Posisi speaker yang berada di bagian bawah (bukan di belakang) merupakan nilai plus, karena pada posisi tersebut tidak akan menutupi lubang speaker ketika BlackBerry Q10 diletakkan, khususnya saat diletakkan di bidang empuk seperti sofa.

Memori

4-bintang
16 GB Flash memory, 2 GB RAM, Slot Micro SD up To 32 GB.

Untuk kapasitas penyimpanan cukup besar, yaitu 16 GB. Namun tidak seluruh 16 GB dapat digunakan oleh pengguna, karena sebagian digunakan oleh sistem. Memori yang dapat digunakan kurang lebih sekitar 11 GB. Apabila kapasitasnya dirasa kurang, masih bisa ditambahkan dengan microSD dengan kapasitas sampai 32 GB.

Memori RAM sebesar 2 GB sangatlah menunjang kinerja prosesor dan menjadikan BlackBerry Q10 responsif.

Kamera

3-bintang
8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash. Kamera depan 2 MP fixed focus.

BlackBerry Q10 menggunakan kamera beresolusi 8 MP pada bagian belakang dan 2 MP pada bagian depannya. Kedua kameranya bisa digunakan untuk merekam video HD (High Definition). Kamera belakang bisa merekam video sampai resolusi full HD 1080p dengan tingkat framerate 30 fps, sedangkan kamera depannya bisa merekam hingga 720p.

Pada menu kameranya tidak ditemukan pengaturan resolusi gambar yang dihasilkan. Namun anda dapat merubah atau memilih aspect ratio foto (1:1, 4:3 dan 16:9).

Pada BB Q10 ditemukan fitur time shift yang juga ditemukan sebelumnya pada BlackBerry Z10. Fitur ini memiliki fungsi untuk mengambil beberapa foto secara bersamaan dalam waktu yang sangat singkat dan memberi kesempatan pada pengguna untuk memilih foto yang terbaik, khususnya saat digunakan untuk memfoto wajah manusia.

Misalnya ketika Anda mengambil foto bersama teman-teman dan salah satu dari teman Anda berkedip, dengan menggunakan fitur timeshift, Anda bisa memilih momen pada saat teman Anda tidak berkedip, mirip seperti mesin waktu (mungkin karena alasan ini, fitur dinamakan Time Shift). Info lebih lanjut tentang fitur ini dapat klik disini.

Untuk hasil kamera yang dihasilkan, kualitasnya baik, Anda dapat mengandalkan kamera Q10 untuk mengabadikan momen. Apabila dibandingkan dengan seri-seri BlackBerry sebelumnya, maka kualitas kamera Q10 jauh lebih baik, bukan hanya dari peningkatan resolusi saja, namun juga dari peningkatan kualitas fotonya.

Jaringan dan konektivitas

5-bintang
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, quadband HSDPA (850/ 900/ 1900 / 2100). Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Bluetooth V4.0, Micro USB port, MicroHDMI, NFC (Near Field Communication), GPS

Dari sisi jaringan, BlackBerry Q10 dapat diandalkan. Dengan dukungan Quad band GSM dan quadband HSDPA, handphone pintar ini bisa digunakan hampir diseluruh dunia tanpa masalah kompabilitas dengan jaringan operator setempat

Salah satu kelebihan sistem operasi BlackBery 10 adalah untuk konektivitas datanya tidak perlu menggunakan paket BIS (BlackBerry Internet Service). Hasilnya pengguna dapat mengakses internet dengan kecepatan lebih baik karena data tidak perlu di kompresi terlebih dahulu ke server BlackBerry seperti sebelumnya.

Untuk menggunakan BBM, email, internet dan yang lain, Anda cukup mendaftar paket data (internet) seperti smartphone lainnya, lebih simpel dan praktis. Selain itu, untuk paket data yang ditawarkan juga cenderung lebih terjangkau dibanding paket BIS.

Aplikasi browser pada BlackBerry Q10 merupakan salah satu browser internet terbaik yang kami pernah coba. Halaman website loading dengan cepat, proses pinch zooming (zoom layar dengan cara mencubit) berlangsung halus dan juga browsernya sudah mendukung flash. Salah satu kekurangannya mungkin untuk browsing di layar sebesar 3.1 inchi terasa agak kurang puas.

Performa

4-bintang
Qualcomm® Snapdragon™ S4 processor, 1.5 GHz dual-core CPUs, RAM 2GB, GPU Adreno 225.

Bila dilihat dari spesifikasinya, BlackBerry Q10 memiliki spek yang tidak terlalu wah, bahkan bisa dibilang biasa-biasa saja untuk ukuran saat ini. Bandingkan saja dengan ponsel-ponsel Android di kisaran harga yang sama yang sudah menggunakan prosesor berkekuatan Quad Core (empat inti) bahkan Octa Core (delapan inti).

Namun demikian, saat digunakan sehari-hari ponsel pintar ini dapat mengakomodir kebutuhan dengan baik. Perpindahan antar menunya halus dan tidak lag saat membuka untuk berbagai macam aplikasi. Memang ditemui sedikit lag saat digunakan untuk membuka media full HD, misalnya saat menonton video Youtube pada browser, tapi hal ini tidak terlalu mengganggu.

Bila berdasarkan spesifikasi, Blackberry Q10 sebenarnya sanggup untuk menjalankan game-game berat, namun Anda tampaknya tidak akan menemukan cukup banyak game yang bisa diunduh pada Q10 dalam waktu dekat ini. Selain itu untuk memainkan game pada layar dengan aspek rasio 1:1 mungkin akan sedikit terasa janggal.

Fitur

4-bintang
BlackBerry Hub, BBM (BlackBerry Messengger), Facebook, Twitter, Office Editor.

Pada OS BB10 ditemukan fitur BlackBerry Hub yang berguna untuk menyatukan semua jenis notifikasi baik SMS, BBM, email dan lainnya dalam satu tempat untuk memudahkan. Jadi Anda tidak perlu bolak balik keluar masuk berbagai aplikasi hanya untuk mengecek notifikasi atau pesan yang masuk.

Fitur ini berguna bagi para pebisnis yang biasanya mendapatkan pesan dalam jumlah ekstra banyak. Namun demikian, fitur ini perlu dipelajari lebih dahulu dan pada awalnya justru akan malah terlihat seperti membingungkan.

Bagi Anda yang menyukai fitur BBM (BlackBerry Messenger), jangan khawatir, karena pada BlackBerry Q10, fitur ini masih ada dan berfungsi dengan baik.

Pada BlackBery Q10 tersedia aplikasi office editor yang dapat membuka, edit dan membuat file Microsoft Word, Excel dan juga Power Point.

Untuk aplikasi yang tersedia pada BlackBerry World memang masih belum terlalu banyak, namun sudah terjadi peningkatan. Dari banyakanya aplikasi tersebut, ternyata banyak aplikasi maupun game yang merupakan portingan dari game Android. Hal ini dikarenakan pihak BlackBerry memberikan insentif sebesar 100 USD kepada para developer aplikasi yang mau porting aplikasi Android agar dapat berjalan atau digunakan pada pada sistem operasi BB10.

Baterai

4-bintang
Li-Ion 2100 mAh battery

BlackBerry Q10 menggunakan baterai dengan kapasitas 2100 mAh berjenis Lithium Ion. Kapasitasnya lebih besar dari BlackBerry Z10 (1800 mAh). Baterainya bisa dilepas pasang dengan membukan casing belakang terlebih dahulu.

Ukuran layar Q10 yang tidak terlalu besar dan juga menggunakan teknologi AMOLED serta tampilan BB 10 yang dominan hitam, menjadikan handphone ini memiliki daya tahan baterai terbilang baik. Saat digunakan normal masih bisa bertahan satu harian.

Sebagai catatan, daya tahan baterai sangat tergantung dari banyak hal, misalnya kondisi jaringan operator, intensitas aplikasi yang digunakan dan lainnya. Jadi, jangan berharap daya tahan baterai BB Q10 sebaik dengan feature phone (HP Biasa) yang bisa bertahan dua tiga harian tanpa cas. Namun bila dibandingkan dengan SmartPhone yang lain, misalnya Android, maka daya tahan baterai Q10 terbilang baik.

Paket Penjualan BlackBerry Q10

  • Charger
  • Kabel charger yang juga berfungsi sebagai kabel data
  • earphone
  • Buku Petunjuk
  • Kartu garansi
  • Perangkat BlackBerry Q10

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan BlackBerry Q10:

  • Build Quality Baik
  • Sistem Operasi BB10 terasa smooth / lancar saat digunakan
  • Kualitas Audio bisa diandalkan
  • Keyboard terasa nyaman digunakan

Kekurangan BlackBerry Q10

  • Layar menggunakan aspect Ratio 1:1, menjadikannya kurang nyaman untuk menonton video
  • Dukungan aplikasi dan game belum terlalu banyak

Kesimpulan

Rating akhir: 3.8 bintang (Cukup Baik). Apabila Anda mencari ponsel yang akan digunakan untuk bermain game, memiliki layar indah dan juga smartphone yang memiliki banyak pilihan aplikasi, maka BB Q10 akan kurang cocok dijadikan sebagai pilihan.

BlackBerry Q10 adalah sebuah perangkat yang memang lebih ditujukan untuk kalangan pebisnis. Dukungan keypad yang nyaman sangat membantu dalam membalas email maupun untuk menulis dokumen. Fitur BlackBerry Hub membantu dalam mengorganisir pesan-pesan dan notifikasi yang masuk dan ditambah dukungan prosesor dual core dengan sistem operasi yang mumpuni serta kapasitas baterai yang terbilang baik menjadikan smartphone ini siap untuk diajak kerja keras.

Ftur kamera pada BlackBerry Q10 bisa diandalkan untuk menunjang aktifitas, misalnya Anda adalah seorang arsitek yang ingin mengirimkan gambar sketsa kepada calon clien, maka Anda bisa langsung memotret sketsa yang dibuat dan langsung mengirimkannya melalui BBM, email atau media lainnya. Namun bila dibandingkan dengan pesaing di kisaran harga yang sama, misalnya Samsung Galaxy S4 (Kamera 13 MP), maka Q10 masih kalah kualitas kameranya.

Apabila kontak bisnis Anda tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sering menggunakan fitur kamera, maka kami lebih menyarankan untuk membeli BlackBerry yang lebih murah, seperti Dakota atau seri dibawahnya, mengingat harga BlackBerry Q10 yang terbilang mahal.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi