Samsung Galaxy Gio Vs LG Optimus One

11 Juni 2011

Berhubung cukup banyak yang menanyakan, maka pada tulisan kali ini kami akan menginformasikan perbandingan antara Samsung Galaxy Gio Vs LG Optimus One.

Kedua handphone Android ini memiliki fitur yang mirip, diantaranya:

  • Ukuran layar yang sama-sama 3.2″
  • Resolusi layar sama-sama 320×480 pixel
  • Kamera beresolusi 3,15 MP
  • Memiliki FM Radio
  • Memiliki fitur GPS
  • Menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo
  • dll

Karena keduanya menggunakan sistem operasi yang sama, maka dari sisi fitur aplikasi, cara pemakaian, dll keduanya tidaklah jauh berbeda. Dari sisi harga pun, saat ini keduanya tidak terlalu jauh berbeda. Tentu hal ini membuat bingung calon pembeli keduanya. Bila Anda termasuk salah satunya, maka ada baiknya Anda mengetahui perbedaan dari kedua handphone Android tersebut sebagai berikut:

LG Optimus One Vs Samsung Galaxy Gio: Kecepatan Processor

Samsung Galaxy Gio menggunakan processor berkecepatan 800 MHz. Sedangkan LG Optimus One menggunakan processor berkecepatan 600 MHz. Dari sisi kecepatan processor, dapat dikatakan Samsung Galaxy Gio lebih unggul dari LG Optimus One.

Sedikit informasi bagi Anda, kedua handphone tersebut sebenarnya menggunakan processor dengan platform yang sama (Qualcomm MSM 7227), namun pihak Samsung menggunakan processor versi Turbo, atau kalau boleh dibilang, versi “overclock“.

Processor LG Optimus One sebenarnya juga bisa di overclock hingga kecepatan 800 MHz, beberapa pengguna Optimus One sudah ada yang pernah mencoba dan menginformasikan bahwa kinerja ponselnya meningkat dan cukup stabil.

Namun, tidak ada jaminan semua pengguna Optimus One dapat melakukan overclock dengan lancar dan hasilnya stabil. Walaupun proses overclock dilakukan dengan dengan cara dan tahapan yang sama, namun hasilnya bisa saja berbeda tiap handphone, karena hal tersebut dipengaruhi banyak hal.

Berbeda dengan Samsung Galaxy Gio yang menggunakan processor berkecepatan 800 MHz yang sudah terjamin kestabilannya dan telah dilakukan pengetesan sebelum produk diluncurkan.

Samsung Galaxy Gio Vs Optimus One: Kapasitas RAM

Berdasarkan aplikasi Quadrant, Samsung Galaxy Gio memiliki RAM sekitar 280 MB. Sedangkan LG Optimus One berdasarkan spesifikasi dikatakan memiliki RAM sebesar 512 MB, namun secara aktual, free memory RAM yang tersedia diperkirakan dibawah 512 MB. Dari sisi ini, LG Optimus One lah pemenangnya.

LG Optimus One Vs Samsung Galaxy Gio: Kapasitas Baterai

LG Optimus One menggunakan baterai berkapasitas 1500 mAh, sedangkan Samsung Galaxy Gio menggunakan baterai berkapasitas 1350 mAh. Berdasarkan laporan yang kami terima, walaupun kapasitas baterai keduanya hanya berbeda 150 mAh, LG Optimus One cenderung memiliki performa baterai yang lebih baik.

Samsung Galaxy Gio Vs LG Optimus One: Tingkat Kejernihan Layar

Samsung Galaxy Gio menggunakan layar berkedalaman 16 juta warna, sedangkan LG Optimus One menggunakan layar berkedalaman 256.000 warna. Layar Samsung Galaxy Gio terlihat lebih jernih, namun perbedaanya tidak terlalu signifikan.

LG Optimus One Vs Samsung Galaxy Gio: Kualitas Perekaman Video

LG Optimus One dapat merekam video beresolusi VGA (640×480 pixels) dengan kecepatan rekam 18 fps, sedangkan Samsung Galaxy Gio dapat merekam video beresolusi QVGA (320×240 pixels) dengan kecepatan rekam 15 fps.

Di sektor ini, Optimus One memiliki kualitas perekaman video yang setingkat lebih baik dibanding Samsung Galaxy Gio karena resolusi video yang dihasilkan Optimus One lebih besar dan juga memiliki framerate yang sedikit lebih baik.

Samsung Galaxy Gio Vs LG Optimus One: Kesimpulan

Jika dilihat berdasarkan kondisi “out of the box” atau kondisi standar pabrik, Samsung Galaxy Gio relatif memiliki performa yang lebih baik karena telah dilengkapi dengan processor yang lebih cepat.

Di sisi lain, para “oprekers” atau bagi yang hobby memodifikasi handphone Android mengatakan LG Optimus One memiliki spesifikasi yang lebih baik karena memiliki RAM yang lebih besar.

Kami menyadari bahwa walaupun Anda sudah membaca artikel ini tidak akan secara otomatis memudahkan Anda untuk dapat memilih salah satu dari keduanya, karena keduanya dapat dikatakan seimbang. Saran kami, pilih saja berdasarkan model yang Anda suka 



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi