Samsung Galaxy Pro Review kelebihan dan kekurangan

Tanggal 4 April 2012

Varian Samsung Galaxy Indonesia bertambah satu lagi dengan hadirnya Samsung Galaxy Pro. Handphone ini termasuk dalam jenis handphone Samsung QWERTY dengan model candy bar dan merupakan saingan telak Motorola Charm MB502. Pada review Samsung Galaxy Pro kali ini kami akan lebih menitikberatkan pada kelebihan dan kekurangan dari HP ini.

Desain

Review Samsung Galaxy Pro

Samsung Galaxy Pro Review

Layar Galaxy Pro berukuran 2,8 Inchi berjenis kapasitif yang responsif terhadap sentuhan jari (bukan kuku) dengan resolusi sebesar 320 x 240 pixel. Dibawah layar terdapat tulisan SAMSUNG yang menurut saya agak kebesaran. Diatas keyboard terdapat tombol Menu, Home, Back button dan Search. Tombol-tombol ini adalah tombol fisik dan bukan tombol sentuh. Di sebelah kiri ponsel terdapat tombol volume, sebelah kanan terdapat tombol on-off, sebelah bawah hanya ada mic, di bagian belakang terdapat kamera dan lubang speaker dan di sebelah atas terdapat Jack Stereo 3,5 mm dan port micro USB.

Samsung Galaxy Pro Review

Review Samsung Galaxy Pro

Bila dilihat sekilas, kesan yang didapat dari handphone Samsung QWERTY ini adalah bodinya terlalu lebar. Hal ini mengingatkan saya akan Nokia e61i kesayangan saya dahulu.  Walaupun begitu, ponsel ini masih tetap nyaman digenggam. Lagi pula, apabila menggunakan layar yang lebih kecil dari 2,8 inch akan menyulitkan pengguna apabila ingin menggunakan layar sentuhnya.

Keuntungan lainnya dari “berbodi lebar” adalah tuts keyboard-nya menjadi ikut lebih besar sehingga lebih nyaman digunakan. Walaupun keyboard HP ini cukup nyaman digunakan, namun secara pribadi saya lebih menyukai tipe keyboard handphone BlackBerry pada umumnya, khususnya pada HP BB yang memiliki keypad dengan konstruksi terdapat jarak antar tombol, seperti misalnya pada BlackBerry Gemini.

Pada Samsung Galaxy Pro tidak terdapat alat navigasi tambahan seperti trackpad, d-pad atau trackball, namun pada bagian bawah kanan keyboard terdapat tombol naik, turun, kiri dan kanan. Cukup membantu untuk navigasi, misalnya untuk mengarahkan kursor pada saat mengetik email atau SMS terdapat satu atau beberapa huruf yang berada di tengah-tengah tulisan harus di hapus.

Kelebihan-Kelebihan Samsung Galaxy Pro:

  • Sistem Operasi Android versi 2.2 Froyo. Ponsel ini telah menggunakan OS Android versi 2.2 dimana OS ini adalah sistem operasi yang dapat dibilang stabil dan memiliki banyak kelebihan.
  • Processor 800 MHz dirasa sangat cukup untuk menjalankan semua fitur-fitur pada handphone ini.
  • QWERTY + Touch Screen. QWERTY Keyboard sangat membantu dalam pengetikan dalam jumlah panjang dan lama, sementara touch screen nyaman digunakan saat surfing internet.
  • Merk Samsung. Tidak dapat dipungkiri, merk masih menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan HP. Bukan tanpa alasan juga, penduduk Indonesia senang untuk transaksi jual-beli ponsel, oleh karena itu sebagian besar warga memilih HP yang dapat dengan mudah dijual kembali. Selain itu, keberadaan service center Samsung yang lumayan banyak juga semakin memberikan rasa aman bagi para calon pembeli ponsel ini.
  • Kamera Auto Fokus. Resolusi kamera Galaxy Pro sebesar 3,2 MP. Walaupun tidak dilengkapi flash, namun HP ini dapat mengambil gambar di dalam dan luar ruangan cukup baik.
  • Bentuk yang tipis, tepian membulat dan bagian belakang yang kasar seperti Samsung Galaxy Ace membuat ponsel ini nyaman untuk digenggam

Kekurangan Samsung Galaxy Pro:

  • Resolusi layar yang hanya 320 x 240 pixel dan tidak mendukung multi touch. Walaupun hanya beresolusi 320 x 240 pixel, namun sebenarnya layar masih cukup nyaman untuk digunakan. Hanya saja akan lebih baik bila resolusi layar minimal 480 x 320 pixel, sehingga apabila melihat tulisan yang kecil-kecil tidak akan terlihat kasar.
  • Tidak ada navigasi bantuan seperti trackpad, trackball atau minimal d-pad.
  • Tidak ada flash untuk kamera
  • Walaupun banyak tulisan di internet mengenai spesifikasi Samsung Galaxy Pro yang menyatakan bahwa hp ini telah mendukung Adobe Flash 10.1, namun untuk unit yang kami review, browser bawaan Samsung Galaxy Pro tidak dapat menjalankan flash. Bila suatu saat kami menemukan cara untuk dapat mengaktifkan flash pada HP ini, kami pasti akan informasikan kepada pembaca setia kami.

Kesimpulan

Sudah cukup lama pengguna HP di Indonesia dan dunia menginginkan ponsel dengan input keyboard fisik + touch screen dalam balutan desain candy bar. Samsung dengan produknya Galaxy Pro berusah menjawab keinginan tersebut. Walaupun Motorola telah lebih dulu meluncurkan Motorola Charm MB502, namun penjualannya biasa-biasa saja.  Secara keseluruhan Samsung Galaxy Pro memiliki performa yang baik. Apakah produk ini akan laris di pasaran? Kita lihat saja nanti.

Harga HP

Harga Samsung Galaxy Pro pada bulan Mei 2011 berada di kisaran Rp. 2.500.000.

Spesifikasi Samsung Galaxy Pro:

  • Jaringan: HSDPA 7.2Mbps 900 / 2100 EDGE / GPRS 850 / 900 / 1800 / 1900,
  • Ukuran: 66,7 x 108,6 x 10,65 mm
  • Konektivitas: Bluetooth V 2.1, Wi-Fi 802.11 (b / g / n)
  • Sistem Operasi: Android™ versi 2.2 Froyo
  • Layar: 2,8 inch, 320 x 240 pixels TFT jenis kapasitif
  • Processor: 800MHz Processor, Adreno 200 GPU
  • Camera: 3.2 MP Auto Fokus + Video recording
  • Fitur: Samsung TouchWiz Interface, Radio FM, Sensor cahaya, accelerometer, proximity, kompas digital, GPS dengan A-GPS, Micro USB, voice recorder, music & video player, universal 3,5 mm earphone / speaker jack, dll.

Demikianlah Samsung Galaxy Pro Review dari kami, Semoga bermanfaat.

Bacaan sebelum tidur lainnya :D : Android Samsung Galaxy Mini dan Ace | BlackBerry atau Android? | Samsung Galaxy Pro Vs Motorola Charm MB502



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi