Samsung Galaxy Pro Vs Motorola Charm MB502 – Indonesia – lebih baik mana?

Tanggal 8 April 2011

Pada tulisan kali ini kami akan membandingkan antara Samsung Galaxy Pro dengan Motorola Charm MB502. Kedua handphone android ini memiliki bentuk dengan model yang mirip, yaitu handphone Android yang menggunakan layar sentuh namun juga memiliki keyboard QWERTY fisik dengan model candy bar.

Bila anda memiliki rencana untuk membeli salah satu handphone ini namun kebingungan menentukan yang terbaik bagi anda, kami harapkan setelah membaca tulisan ini dapat membantu anda untuk membuat keputusan.

Untuk melihat review lengkap mengenai kedua handphone tersebut, silahkan ikuti link berikut:

Tulisan Samsung Galaxy Pro Vs Motorola Charm MB502 ini akan kami awali terlebih dahulu dari handphone Samsung Galaxy Pro.

Samsung Galaxy Pro Versus Motorola Charm MB502

Samsung Galaxy Pro Vs Motorola Charm MB502

Kelebihan Samsung Galaxy Pro:

> Sistem Operasi Android Versi 2.2 Froyo

> Processor 800 Mhz

> Kamera Auto Fokus

Kamera Samsung Galaxy Pro sudah dilengkapi dengan fitur auto focus, sehingga dapat menampilkan objek dalam jarak dekat dengan lebih detail dibandingkan Motorola Charm MB502. Untuk kualitas pengambilan foto dari jarak jauh, kualitas keduanya tidak terlalu berbeda jika dilihat pada layar handphone. Namun saat di transfer ke komputer, terlihat bahwa Samsung Galaxy Pro memiliki hasil foto yang lebih baik.

> Merk Samsung

Merk Samsung lebih “ramah” di telinga bagi sebagaian orang. Kami perkirakan penjualan Samsung Galaxy Pro akan lebih baik dibandingkan Motorola Charm MB502. Hal ini dikarenakan promosi yang dilakukan oleh Samsung lebih gencar dibandingkan Motorola.

Walaupun promosi yang dilakukan Samsung tidak secara spesifik mempromosikan Samsung Galaxy Pro, namun promosi produk-produk Samsung lainnya membuat nama Samsung tidak asing di masyarakat. Akibatnya, masyarakat cenderung memilih merk yang lebih terkenal dibandingkan yang kurang terkenal karena masyarakat Indonesia pada umumnya senang gonta-ganti handphone dan secara sadar atau tidak sadar masyarakat pasti akan memilih membeli handphone dengan merk yang lebih populer dengan alasan lebih mudah dijual kembali.

Selain itu, masyarakat sering mempertimbangkan layanan purna jual sebelum memutuskan membeli perangkat seluler. Dalam hal ini Samsung memiliki kelebihan karena memiliki jaringan service center yang lebih banyak dibandingkan Motorola.

Motorola Charm Vs Samsung Galaxy Pro: Kekurangan Samsung Galaxy Pro

> Tidak ada alat Navigasi Tambahan seperti TrackPad, TrackBall maupun D-Pad

Samsung Galaxy Pro tidak memiliki alat navigasi tambahan apapun. Beruntung, di sebelah kanan bawah dari keyboard Galaxy Pro terdapat tombol naik, turun, kiri dan kanan, setidaknya membantu dapat membantu sedikit walaupun agak kurang nyaman digunakan.

> Browser tidak mendukung Flash

Browser Samsung Galaxy Pro juga tidak mendukung Flash walaupun sudah menggunakan OS Android 2.2 Froyo. Namun apabila kami menemukan suatu cara agar Galaxy Pro dapat menampilkan flash, pasti akan kami update di gadoga.com.

> Layar belum mendukung multi touch

Dalam unit yang kami coba, Samsung Galaxy Pro tidak mendukung multi touch sehingga pengguna tidak dapat menggunakan fasilitas pinch zoom atau mencubit layar untuk melakukan zoom pada layar pada saat surfing di internet atau melihat galeri foto.

Samsung Galaxy Pro Vs Motorola Charm MB502: Berikut kami sampaikan kekurangan dan kelebihan dari Motorola Charm MB502

 

Motorola Charm Versus Samsung Galaxy Pro

Motorola Charm Vs Samsung Galaxy Pro

Kelebihan Motorola Charm MB502

> Dukungan Flash Pada Browser.

Browser bawaan Motorola Charm MB502 telah dilengkapi dengan flash sehingga dapat diandalkan jika diajak mengunjungi situs-situs yang menggunakan flash atau tidak menyediakan versi mobile. Selain itu, dengan adanya flash pada ponsel ini, jika pengguna menginstall aplikasi pihak ketiga seperti RockPlayer, maka Motorola Charm mampu memainkan file video dengan format .FLV dengan cukup lancar. File dengan ekstensi “flv” adalah file flash video yang biasa digunakan pada situs video seperti Youtube.

> Terdapat BackTrack

Motorola Charm MB502 memiliki alat navigasi tambahan sejenis trackpad (touchpad) yang dinamakan BackTrack karena terletak di belakang badan handphone. Kehadiran BackTrack akan meningkatkan kenyamanan pengguna pada saat berkunjung ke website, perpindahan antar menu, pada saat meng-edit dokumen, dll.

> Gorilla Glass

Layar pada Motorola Charm MB502 telah menggunakan bahan atau buatan Gorilla Glass yang dikatakan anti gores.

> Tidak Pasaran dan Modelnya Unik

Hmm.. sebenarnya untuk yang satu ini merupakan pendapat pribadi dan merupakan kelebihan namun juga kekurangan dari Motorola Charm MB502. Kelebihan dari hp tidak pasaran adalah… kepuasaan pribadi, hi hi ga penting2 banget sih.

Kekurangannya adalah jika sewaktu-waktu membutuhkan uang  dan hendak menjual HP ini, siap-siaplah “sakit hati” karena ditawar dengan harga yang menggelikan murahnya oleh toko handphone bekas atau langsung ditolak mentah-mentah dengan alasan susah untuk dijual kembali. Solusinya, pengguna dapat menawarkan hp bekasnya kepada pengguna lainnya melalui toko atau forum online seperti kaskus.

Motorola Charm Vs Samsung Galaxy Pro: Kekurangan Motorola Charm MB502:

> Baterai lumayan boros

Motorola Charm MB502 menggunakan baterai tipe BT60 dengan kapasitas 1130 mAh dan dirasa lumayan boros jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Pro yang telah menggunakan baterai dengan kapasitas 1350 mAh.

>OS Android Eclair

Motorola Charm masih menggunakan sistem operasi Android versi 2.1 Eclair dan tidak ada kejelasan kapan ataukah akan ada peningkatan ke sistem operasi Android versi 2.2 Froyo dari pihak Motorola. Sebenarnya OS Eclair sudah cukup baik, namun ada beberapa fungsi yang dirasa penting namun tidak tersedia pada OS Eclair. Diantaranya adalah kemampuan untuk memindahkan aplikasi / game ke memory card dan kemampuan wireless tethering.

Dalam artikel Motorola Charm Vs Samsung Galaxy Pro ini kami juga akan menginformasikan kekurangan dan kelebihan “bersama” atau yang sama-sama dimiliki oleh Samsung Galaxy Pro dan juga Motorola Android MB502.

Kelebihan “bersama” dari kedua hp ini adalah tentu saja keberadan keyboard QWERTY fisik yang dikemas dalam bentuk candy bar. Seperti kita ketahui bersama keberadaan handphone Android dengan model seperti kedua HP ini masih jarang sekali berada di pasaran.

Sedangkan kekurangan dari kedua handphone Android ini adalah layarnya yang masih beresolusi 320 x 240 pixel. Walaupun resolusi layar tersebut tidak terlalu mengganggu dalam kenyamanan penggunaan handphone secara keseluruhan, namun akan lebih nyaman andai saja kedua hp ini setidaknya menggunakan resolusi 480 x 320 pixel.

Kedua ponsel Android ini juga tidak memiliki lampu flash pada kamera, sehingga kamera menjadi tidak berguna bila digunakan pada lingkungan yang sangat gelap.

Motorola Charm Versus Samsung Galaxy Pro: Kesimpulan

Sepertinya sulit untuk menentukan siapa pemenang dari kedua handphone Android ini, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kekurangan dan kelebihan tersebut bagi sebagian orang dirasa penting, sementara bagi lainnya dianggap tidak terlalu penting.

Sebagai contoh, saya menganggap ke-“tidak pasaran” sebuah handphone adalah faktor yang penting, namun bagi anda, mungkin hal tersebut adalah sesuatu yang tidak penting dan justru mungkin malah merugikan. Jadi, andalah yang memutuskan handphone android manakah yang lebih baik.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi