Jalan Cerita Film Jurassic World 2015

22 Juni 2015



Berhubung saya sulit mengingat nama , maka tokoh utama dalam film ini saya tulis sebagai berikut:

  • Jagoan Pria: Owen, diperankan Chris Pratt
  • Tante anak2: Claire, diperankan Bryce Dallas Howard
  • Kakak: Zach, diperankan Nick Robinson
  • Adik: Gray, diperankan Ty Simpkins
  • Pemilik pulau: Simon Masrani, diperankan Irrfan Khan
  • Tokoh antagonis / kepala keamanan independen pulau: Vic Hoskins, diperankan Vincent D'Onofrio

Ringkasan / Sinopsis:

Secara garis besar, Jurassic World bercerita tentang petualangan kakak beradik ke pulau yang bernama Jurrasic World. Yaitu semacam "taman safari"nya dinosaurus.

Pengelola pulau bereksperimen dengan menciptakan seekor dinosaurus "campur-campur" alias gabungan dari beberapa spesies hewan. Tujuannya adalah untuk memberi pengunjung tontonan yang menarik dan meningkatkan kunjungan serta keuntungan.

Ternyata, dino baru tersebut jauh lebih cerdas dari yang diperkirakan. Apakah kehadiran spesies baru tersebut benar membawa keuntungan besar bagi pengelola taman? Atau justru menjadi bencana? Untuk mengetahuinya, tonton film ini di bioskop-bioskop Indonesia.... atau baca saja cerita film Jurrassic World dibawah

Jalan Cerita Film Jurassic World (2015) - Lengkap

Peringatan: spoiler alert! alias kalau Anda tidak ingin mengetahui jalan cerita dari film ini (termasuk akhirnya), maka jangan dilanjutkan membaca.

Adegan film dimulai dari kakak beradik yang berlibur ke pulau bernama Jurassic World. Pulau ini bisa dibilang kebun binatangnya dinosaurus. Mereka berdua pergi sendiri, orang tuanya tidak ikut.

Sang adik (sekitar kelas 5 SD) sangat menyukai dinosaurus, sedangkan sang kakak (kira-kira siswa SMA) biasa saja dan malah lebih sering lirik-lirik cewek cantik daripada dino.

Kakak beradik tersebut memiliki tante yang bernama Claire. Dia merupakan salah satu pengurus pulau. Tampilannya mirip orang kantoran, rapi. Sebelum berangkat, orangtua dari anak-anak sudah meminta agar Claire bisa menjaga kedua anak tersebut. Namun karena tantenya sibuk, maka dia menyuruh asistennya untuk menjaga.

Kedua bersaudara tersebut merasa risih karena selalu diawasi oleh asisten tantenya, maka ketika ada kesempatan mereka lari dari pengawasan dan lalu bersenang-senang ke tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi. Sebelumnya mereka berdua diberikan gelang VIP sama tantenya, sehingga bisa masuk ke tempat manapun yang diinginkan.

Disisi lain dari pulau, pemilik Jurassic World bersama dengan tantenya anak2 (Claire) sedang memantau dinosaurus yang baru saja diciptakan oleh ilmuwan. Dino tersebut dinamakan Indominus Rex yang merupakan campuran dari gen beberapa jenis hewan.

Indominus Rex di "desain" agar memiliki lebih banyak gigi, lebih besar dan lebih buas, intinya lebih sangar lah. Tujuannya adalah agar pengunjung tidak bosan melihat dino yang itu-itu saja.

Saat sang pemilik pulau melihat kandang si dino baru, dia bilang ke Claire: "kayaknya kamu perlu panggil si Owen deh (sang jagoan pria)". Jawab Claire: "Memangnya kenapa?" Pemilik: "Kali aja si Owen bisa beri tahu kita apa-apa yang kurang atau apa saja yang bisa ditingkatkan untuk menjamin keamanan pengunjung", Claire: "emmm... ok" (dia sebenernya agak malas ketemu owen karena dia adalah mantan pacarnya).

Owen (sang jagoan) adalah salah satu pengurus pulau. Tampilannya kasar dan kotor, khas orang lapangan. Dia bertugas menjaga kandang velociraptor. Selain itu dia juga melatih dino-dino tersebut agar bisa merespon perintah seperti layaknya seekor anjing.

Melihat keberhasilan Owen melatih raptor, Hoskins (kepala keamaan independen pulau) menyarankan owen agar dapat menggunakan dinosaurus tersebut untuk keperluan perang, namun gagasan tersebut di tolak mentah-mentah.

Karena perintah pemiliki pulau, akhirnya sang tante menjemput si jagoan lalu melihat-lihat kandang Indominus Rex, disingkat i-rex (kok kaya nama obat kuat ya ). Disinilah masalah mulai muncul. Kandang tersebut memiliki sensor infra merah pendeteksi panas, namun saat dicoba mencari si dino monster tersebut tidak bisa ditemukan.

Setelah diperhatikan, ada bekas cakaran di tembok kandang sehingga dugaan sementara adalah Indominus Rex berhasil kabur dengan cara melompati pagar. Akhirnya si Tante menghubungi pusat kontrol untuk melacak keberadaan dino tersebut menggunakan alat pelacak (implan) yang ditanam di tubuh i-rex.

Sementara itu, si jagoan bersama-sama dengan pekerja masuk ke kandang untuk memeriksa bekas cakaran di tembok. Namun ternyata sang dinosaurus monster masih berada di dalam kandang! (Belakangan baru diketahui kalau i-rex memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh agar tidak terdeteksi pelacak panas)

Maka berlarilah sekencang-kencangnya si jagoan bersama dengan para pekerja. Karena terdesak, pintu kandang dibuka dan dengan cara inilah sang monster berhasil kabur.

Semua pekerja yang tadinya berada di kandang dimakan oleh si Dino, sementara sang jagoan berhasil selamat setelah ngumpet dibawah mobil dan badannya di lumuri dengan bensin untuk menghilangkan bau.

Sang Tante pergi ke pusat kontrol pulau untuk melacak keberadaan Indominus Rex yang berhasil kabur dan sesegera mungkin melakukan tindakan pencegahan. Salah satu pegawai di pusat kontrol sejak awal ingin memperingatkan para pengunjung agar waspada, namun si pemilik mengatakan jangan, nanti malah bikin panik dan bikin buruk nama perusahaan. Selesaikan saja secara diam-diam.

Akhirnya dikirim lah para petugas keamanan untuk melacak i-rex. Senjata yang dibawa adalah hanya senjata bius atau tidak mematikan, karena harga dino ini sangat mahal jadi tidak boleh dibunuh.

Saat pencarian berlangsung, ditemukan hal yang mengejutkan. Ternyata alat pelacak yang ada di dalam tubuh i-rex sudah berada di luar. Artinya si dino memiliki kecerdasan tinggi dan bisa mengeluarkan alat tersebut.

Dan bukan hanya itu saja, i-rex ternyata memiliki kemampuan kamuflase seperti bunglon dan alat pelacak tersebut digunakan sebagai jebakan bagi manusia untuk memudahkan si dino monster menghabisi mereka. Singkat kata, tidak ada satu pun petugas yang selamat.

Karena kejadian tersebut pengelola pulau akhirnya meminta para pengunjung untuk meninggalkan wahana dan pergi ke tempat berkumpul dengan alasan ada "kesalahan teknis".

Sementara itu, sang kakak beradik sedang asyik mengendari kendaraan yang berbentuk seperti bola kristal dan berjalan-jalan di area dinosaurus herbivora. Sebenarnya kendaraan tersebut sudah memberi informasi peringatan agar segera kembali ke anjungan / menghentikan kegiatan.

Namun, karena nakal mereka cuek aja dan malah pergi ke daerah yang lebih jauh lagi. Disinilah mereka bertemu dengan i-rex. Sang Dino berusaha memakan mereka berdua, namun karena kendaran yang digunakan cukup kuat, maka dibutuhkan beberapa waktu sebelum akhirnya bisa menghancurkan kendaraan tersebut. Dalam rentang waktu tersebut sang kakak beradik berhasil lolos dari kejaran i-rex.

Si Tante menghubungi asistennya untuk menanyakan keberadaan keponakannya. Setelah diinformasikan kalau mereka berdua kabur, si tante langsung panik dan berusaha menghubungi keduanya namun tidak bisa.

Berdasar informasi yang dia terima ada satu kendaran bola kristal yang belum kembali ke anjungan, sehingga dia berpikir kemungkinan mereka berada disana. Akhirnya dia meminta petugas keamaan untuk menjemput keponakannya, namun semua petugas sedang sibuk mengurusi pengunjung lain.

Akhirnya mau tidak mau dia minta tolong ke si jagoan untuk mengantarkan menjemput anak-anak.

Sang kakak beradik akhirnya pergi ke suatu lokasi yang merupakan taman Jurassic Sebelumnya. Di lokasi tersebut mereka menemukan sebuah mobil tua lalu berusaha memperbaikinya. Dengan menggunakan mobil tersebut mereka berhasil kembali ke pusat pulau.

Sedangkan si Tante dan sang jagoan yang mengikuti jejak anak-anak menemukan bahwa mereka telah lebih dulu pergi menggunakan mobil. Mengetahui hal tersebut akhirnya mereka pun kembali ke pusat pulau.

Kembali di pusat kontrol, sang pemilik pulau akhirnya memutuskan untuk membunuh i-rex, lalu dengan menggunakan helikopter dan senjata mematikan dia menembaki i-rex.

Karena dinosaurus tersebut pintar, dia menghancurkan kandang dinosaurus terbang (semacam Pterodactyl) sehingga mereka bisa kabur dan dino terbang tersebut menyerang helikopter dan membuatnya jatuh.

Para dinosaurus terbang lalu pergi ke pusat pulau dan mulai menyerang para pengunjung. Disinilah akhirnya si tante berhasil bertemu dengan keponakannya.

Saat kondisi pulau kacau, tiba-tiba Hoskins (tokoh antagonis) mengambil alih pusat kendali dan memerintahkan untuk menggunakan velociraptor yang sudah dilatih Owen (sang jagoan) untuk memburu dan membunuh Indominus Rex.

Sang jagoan tidak menyetujuinya, namun Hoskins mengatakan rencana tersebut akan dijalankan dengan atau tanpa dirinya. Karena si jagoan merasa dekat dengan dino didikannya, maka akhirnya mau tidak mau dia menyetujuinya.

Perburuan pun dimulai, si tante, sang jagoan dan anak-anak pergi ke kandang raptor. Tiga ekor velociraptor disuguhi bau tubuh i-rex agar bisa melacaknya, setelah itu raptor dilepasakan dan diikuti oleh si jagoan dan tentara yang bersenjatakan lengkap (Si Tante dan anak-anak menunggu dibelakang).

Akhirnya i-rex ditemukan, namun apa yang terjadi? bukannya diserang, si i-rex malah berkomunikasi dengan para raptor. Ternyata si dino monster ada campuran gen raptornya, maka wajar dia bisa komunikasi.

Velociraptor pun beralih pihak dan mulai menyerang para tentara habis-habisan. Banyak yang mati, namun ada yang berhasil kabur, termasuk sang jagoan.

Karena gagal, si tante, anak-anak dan jagoan kembali ke pusat pulau dan berusaha ke tempat aman. Setelah sampai, ternyata mereka kembali bertemu dengan tiga ekor raptor didikan sang jagoan.

Raptor2 tersebut ingin menyerang mereka namun ragu-ragu. Si jagoan berusaha "berkomunikasi" dengan salah satu raptor yang paling dekat dengan dirinya, yang bernama blue. Si jagoan meletakkan senjatanya lalu secara perlahan mendekati blue dan melepas tali pengekang di kepalanya.

Tiba-tiba i-rex berada di dekat situ. Dia ingin memakan mereka namun para raptor berusaha melindungi sang jagoan dan dimulailah pertempuran antara raptor VS indominus rex.

Karena perbedaan badan yang cukup jauh, para raptor kalah satu persatu dan kembali mengincar si tante, jagoan dan anak2. Sang adik memiliki ide, untuk melawan monster haruslah dengan monster (yang memiliki gigi banyak).

Si Tante menangkap ide dari keponakannya dan dengan keberanian besar (nekat lebih tepat) dia membuka kandang Tyrannosaurus Rex (T-Rex) dan menggiringnya untuk bertemu dengan i-rex.

Kedua binatang raksasa buas tersebut akhirnya bertemu, pertarungan i-rex VS t-rex pun dimulai. Keduanya memiliki ukuran yang hampir sama besar, namun i-rex memiliki kelebihan tangan yang lebih besar dan juga lebih cerdik.

Saat t-rex tampak hampir kalah dan ingin dihancurkan oleh i-rex tiba-tiba datanglah salah satu raptor "kesayangan" sang jagoan, yaitu si blue dan membantu mengalihkan perhatian i-rex. Maka dimulailah babak baru t-rex + blue VS i-rex.

Lokasi pertempuran adalah di tepi kolam mosasaurus (dinosaurus raksasa yang hidup di air). Karena kelincahan blue dan kekuatan t-rex, akhirnya sang indominus rex mulai kalah dan terpojok di tepi kolam. Tiba-tiba dari arah belakang muncul mosasaurus yang langsung menerkam si i-rex dan menyeretnya ke dalam kolam.

Disinilah mulai pertempuran antara mosasaurus VS indominus rex ....errr... nope... mereka bukan lawan sebanding karena mosasaurus ukurannya jauh lebih besar dan juga i-rex bukan hewan yang hidup di air (andai saja ada gen mosasaurus di i-rex, mungkin filmnya masih lanjut ).

Setelah adegan tersebut, T-Rex dan Blue bertatap-tatapan, bisanya mereka tidak akur dan berkelahi, namun mungkin karena sudah lelah keduanya pun berpisah ke arah yang berlawanan.

Film ditutup dengan adegan para pengunjung yang akhirnya berhasil di evakuasi dan juga kedua kakak beradik tersebut akhirnya berhasil bertemu dengan kedua orang tuanya.

Bagaimana dengan si jagoan dan si tante? Seperti yang bisa ditebak, akhirnya mereka bersama lagi.

Honestly, saya ga tau kenapa saya menceritakan ulang film yang yang baru saja di tonton. Karena saya tidak suka mengingat film (karena berharap saya lupa jalan ceritanya dan suatu saat saat saya melihat ulang fim ini sudah lupa dan seperti menonton film baru).

Tapi, mungkin saja jalan cerita film jurassic world ini bisa berguna untuk yang lain. Jadi saya akan melihat traffic dari artikel ini, kalau cukup ramai maka besok-besok kalau saya nonton film akan saya tulis cerita lengkapnya lagi. Tapi kalau sepi, maka ini adalah yang pertama dan terakhir

Apakah Film Jurassic World cocok untuk anak-anak?

Hmm.. tergantung anaknya. Kalau masih penakut mungkin kurang cocok, karena ada beberapa adegan kekerasan (orang dimakan, dsb).

Tapi kalau dari reaksi anak di sebelah kiri dan kanan tempat duduk saya (umur 7-10 tahunan), mereka sepertinya biasa-biasa saja.

Apakah wajib di tonton?

Kalau dari segi ketegangan dan jalan cerita, jujur yang paling bagus menurut saya adalah film Jurassic Park yang pertama. Tapi dibanding film Jurassic yang lain bisa dibilang yang ini lumayan lah. Kalau ada waktu bisa luangkan waktu untuk ditonton.

Apa kamu sudah nonton filmnya? Ada pendapat atau komentar? Bisa isi di kolom dibawah. Terima kasih



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi