Sleipnir – Salah satu browser Internet Android terbaik

4 Januari 2014

Sudah sekitar 3 hari terakhir ini saya berusaha mencari browser internet terbaik untuk Android. Kriteria “terbaik” memang berbeda-beda bagi tiap orang. Ada orang yang mengatakan browser A adalah yang terbaik, sementara yang lain mengatakan browser B atau C yang terbaik. Bagi saya pribadi, kriteria terbaik itu bila memenuhi kebutuhan pribadi saya yaitu:

  • Loading halaman web cepat
  • Tampilan website yang dikunjungi terlihat dan berfungsi dengan normal. Khususnya website https dan yang banyak menggunakan drop down menu (misalnya web internet banking, dsb).
  • Tampilan simple dan pengoperasian mudah
  • Bisa copy link url
  • Dapat copy paste text
  • Dapat membuka halaman web di background tab
  • Posisi multitab ada dibawah sehingga memudahkan untuk beralih dari satu tab ke tab yang lain (karena layar ponsel saya cukup panjang).

Hampir semua browser internet yang tersedia di Google Play saya coba. Dimulai yang terkenal seperti Chrome, FireFox, Opera, Dolphin, UC Browser, Skyfire, Next, dll. Web browser “populer” tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan sebenarnya sudah dapat memenuhi sebagian maupun seluruh kriteria yang saya tulis diatas.

Namun demikian saya masih belum merasa cukup puas dan ingin mencari yang paling nyaman digunakan, akhirnya saya mencoba browser-browser baru yang belum pernah saya dengar namanya sebelumnya. Browser “kurang populer” pada umumnya tidak memiliki fitur selengkap browser yang terkenal dan sudah dikembangkan dalam waktu lama dan juga sering kali diselipkan iklan yang mengganggu.

Saat saya hampir putus asa, akhirnya saya menemukan satu browser internet yang bernama “Sleipnir Mobile – Web Mobile” buatan FENRIR INC. Browser ini adalah Made in Japan dan sebenarnya bukan pemain baru. Selain untuk Android, Sleipnir juga tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, iPhone/iPad (iOs) dan Windows Phone.

Setelah saya menggunakannya beberapa saat, saya menemukan beberapa kelebihan yang tidak selalu dimiliki browser yang lain, yaitu:

1. Posisi Tab dibawah dan juga fitur gesture untuk mengganti tab

Web Browser Sleipnir dapat membuka beberapa Tab / halaman website secara bersamaan dan untuk berganti dari satu tab ke tab yang lain dapat dilakukan dengan cara mengklik Tab pada bagian bawah atau dengan Gesture / gerakan mengusap layar ke kiri atau ke kanan. Untuk menutup Tab dapat dilakukan dengan menggeser tab yang terbuka ke arah bawah.

browser-terbaik-android

2. Terdapat fungsi Group Tab

Jika Anda banyak membuka alamat website, anda dapat mengelompokkannya ke dalam “grup”. Misalnya grup pertama adalah kumpulan website-website yang berisi berita, sedangkan grup kedua adalah kumpulan website-website yang berisi entertainment. Untuk membuka Group Tab bisa dilakukan dengan cara menggeser tab yang terbuka ke arah atas.

Sleipnir Group Tab

Sleipnir Group Tab

3. Halus dan stabil

Salah satu yang saya suka dari Sleipnir adalah kinerjanya responsif, stabil (tidak pernah crash / hang), transisi halus dan juga dapat membuka banyak tab dan menyimpannya dalam memori (tidak perlu reload ulang) namun disaat yang sama tidak terlalu banyak menggunakan memori RAM.

4. Menyimpan halaman website secara otomatis

Jika sistem operasi ponsel Anda adalah Android 3.0 keatas (Honeycomb atau lebih baru), maka ketika Anda membuka website, maka secara otomatis website tersebut akan disimpan sementara. Sehingga ketika Anda keluar dari aplikasi Sleipnir lalu membukanya kembali, website-website yang tadi dibuka (yang belum di tutup) akan langsung muncul kembali dengan cepat walaupun sinyal internet Anda buruk.

Tab yang bergambar jam berarti tersimpan sementara di memory (cached)

Tab yang bergambar jam berarti tersimpan sementara di memory (cached)

5. Terdapat “Scroll Grip”

Scroll Grip berguna untuk navigasi halaman website yang panjang

sleipnir-internet-browser-android-tercepat

6. Extension untuk ditambahkan

Bila ada fitur-fitur yang ingin ditambahkan, Anda dapat menginstall Extension / plugin untuk menambahkan fitur pada aplikasi Sleipnir. Untuk menambahkan extension browser Sleipnir Android bisa dilakukan dengan mengklik bagian kanan atas (gambar tiga kotak kecil) lalu klik Extension.

7. Banyak pilihan untuk memproses sebuah link

Jika ada sebuah link website, ada banyak pilihan yang dapat dilakukan oleh aplikasi ini. Misalnya membagikan halaman website, Copy URL, Share halaman website di Facebook, dll. Selain itu, ada satu fitur yang unik dan belum pernah saya temukan di aplikasi browser Android yang lain, yaitu kemampuan untuk membuka link menggunakan browser yang lain (Open with other browser). Cukup berguna misalnya ketika Anda menemukan link Video lalu ingin membukanya di browser Skyfire yang memiliki kemampuan menjalankan flash dengan baik.

8. Dapat sinkronisasi bookmark antar perangkat

Bookmark web dapat disinkronisasi antara ponsel, tablet maupun dengan komputer yang menggunakan browser Sleipnir. Sehingga Anda tidak kesulitan memindahkan bookmark dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

9. Gratis

Aplikasi browser internet Android ini gratis dan tidak menampilkan iklan, bahkan ada pilihan untuk memblokir iklan-iklan pada website yang seringkali menggangu

Sebenarnya masih banyak kelebihan-kelebihan browser ini yang belum saya sebutkan disini. Untuk mengetahuinya Anda dapat menginstallnya secara gratis melalui Google Play Store.Β Aplikasi Sleipnir Mobile for Android yang kami bahas diatas adalah versi 2.12.1. Untuk kedepannya mungkin akan ada aplikasi browser-browser lainnya yang lebih menarik dan lebih kaya fitur, namun saat artikel ini ditulis, menurut saya pribadi, aplikasi ini adalah browser internet Android terbaik (versi saya)



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 πŸ˜ƒ πŸ˜‚ πŸ˜… πŸ˜‡ 😈 πŸ˜‰ 😊 πŸ˜‹ 😌 😍 πŸ˜’ πŸ˜“ πŸ˜” 😳 πŸ˜– 😘 πŸ˜› 😑 😱 😀 😎 πŸ‘ πŸ™

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas πŸš€

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi