Spesifikasi, Harga dan Review Xiaomi Mi5


27 April 2016 Oleh Kris

Xiaomi Mi5 sudah lebih dahulu meluncur di luar negeri. Kapan tanggal rilis di Indonesia? Saat ini saya belum bisa memastikan, namun Indonesia adalah merupakan salah satu negara yang menjadi target market Xiaomi, jadi sangat besar kemungkinannya Mi5 akan hadir disini, mungkin tidak seberapa lama lagi.

Ponsel pintar asal negeri Tiongkok ini merupakan produk yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang, hal ini karena sudah hampir dua tahun Mi4 beredar tanpa ada penerusnya. Apakah Mi5 layak untuk ditunggu? Mari kita bahas dalam artikel spesifikasi, harga dan review Xiaomi Mi5 kali ini.

Note: Review ini berdasarkan informasi dari pengguna langsung yang sudah mencobanya di luar negeri. Jadi bisa dibilang lebih ke preview. Tapi kemungkinan besar untuk produk yang akan diluncurkan disini tidak ada perbedaan yang berarti, mungkin hanya berbeda di aplikasi bawaan yang terinstall saja.

Harga Xiaomi Mi 5

  • Harga Mi5 32GB: Rp. 5.200.000,-
  • Harga Mi 5 64GB: Rp. 6.100.000,-

*Harga berdasarkan pre order di situs blanja.com.

Spesifikasi Xiaomi Mi5

  • Konektivitas: GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE, Dual SIM (jenis Nano-SIM) | Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA | Bluetooth v4.2, A2DP, LE | GPS | NFC | Infrared | USB Type-C 1.0 reversible connector | 3.5mm jack
  • Ukuran: 144.6 x 69.2 x 7.3 mm, berat 129 gr / 139 gr (untuk yang warna keramik). Gorilla Glass 4 Back Panel
  • Layar: Corning Gorilla Glass 4, IPS LCD kapasitif, 16 juta warna, ukuran 5.15 inchi, resolusi 1080 x 1920 pixels (~428 ppi pixel density)
  • Sistem operasi: MIUI 7.0, Android OS, v6.0 (Marshmallow)
  • Chipset: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820, Dual-core 1.8 GHz Kryo & dual-core 1.36 GHz Kryo - untuk versi 32GB / Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo - untuk versi 64 GB dan 128 GB. GPU: Adreno 530
  • Memori: Internal 128 GB + 4 GB RAM (Pro Edition) | 32/64 GB + 3 GB RAM - (Standard edition). Tidak ada slot memory card
  • Kamera: Belakang 16 MP, f/2.0, phase detection autofocus, OIS (4-axis), dual-LED (dual tone) flash, 1/2.8" sensor size, 1.12 ยตm pixel size. Video 2160p@30fps, 1080p@30fps, 720p@120fps. Kamera depan 4 MP, f/2.0, 1/3" sensor size, 2ยตm pixel size, 1080p@30fps
  • Baterai: Li-Po 3000 mAh (tidak bisa dilepas)
  • Pilihan warna Xiaomi Mi5: Hitam, putih, emas, keramik
  • Lain-lain: Sensor sidik jari, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

Review Xiaomi Mi5 - Garis Besar / Kesimpulan

Mi 5 adalah smartphone yang sangat mudah untuk disukai. Bukan hanya oleh pencinta Xiaomi namun dengan produk flagship ini, sangat mungkin untuk dapat menarik minat orang-orang yang tidak suka / kurang tertarik dengan Mi5.

Dari segi desain saja terlihat sangat cantik, desain bezel yang tipis, bentuk yang tegas dan juga terbilang ringan sehingga nyaman digenggam.

Belum lagi jika dilihat dari hardware atau "daleman" yang digunakan. Di tenagai oleh chipset Snapdragon terbaru seri 820 + Layar ciamik + 16 MP kamera dengan 4 axis optical stabilization merupakan kombinasi yang sulit untuk ditolak.

Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Mi5 adalah baterai yang tidak bisa dilepas, tidak ada FM Radio dan juga tidak memiliki slot memori eksternal.

Ketiadaan slot micro SD dimaksudkan agar pengguna dapat menikmati pengalaman yang cepat dan tidak terhambat karena kualitas Micro SD kurang bagus. Sedangkan Baterai tidak bisa dilepas karena alasan desain dan keamanan. (Tapi baterai bisa diganti di service center).

Secara keseluruhan bisa dibilang di rentang harga yang sama hampir tidak ada yang dapat menyaingi Xiaomi Mi5 baik dari segi keindahan bentuk, kualitas kamera, dan juga performa yang begitu baik.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai ponsel "super" ini? Baca terus review Xiaomi Mi5 dibawah ini.

Review Desain Xiaomi Mi5



Dengan ukuran 144.6 x 69.2 x 7.3 mm dan berat hanya 129 gram, Mi 5 merupakan salah satu ponsel flagship dengan ukuran ringkas dan paling ringan.

Layarnya telah dilindungi oleh Gorilla Glass 4 yang sangat tahan terhadap goresan. Bukan hanya itu saja, bagian belakangnya pun sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 4, membuat ponsel ini terlihat elegan.

Xiaomi Mi5 memiliki bezel atau tepi layar yang tipis bahkan sekilas seperti tidak ada bezelnya. Diantara kaca depan dan "kaca" belakang terdapat body frame yang terbuat dari logam (bukan plastik). Hal ini berguna untuk membuat keseluruhan ponsel menjadi lebih kokoh dan bukan hanya itu saja, sebagai kompensasi agar hp tidak licin saat dipegang (karena bagian depan dan belakangnya terbuat dari kaca).

Letak Tombol dan Sensor2:

  • Bagian Muka: Diatas layar ada earpiece, lampu LED Notifikasi, kamera depan, sensor cahaya dan proximity. Dibawah layar ada tombol HOME yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari, tombol recent apss dan juga tombol BACK.
  • Bagian Belakang: Kamera 16 MP yang disebelahnya terdapat dua lampu LED flash. Modul kamera dilindungi oleh kaca safir yang tahan gores.
  • Bagian Kanan: Tombol Volume dan Tombol Power
  • Bagian Kiri: Slot Dual SIM
  • Bagian Atas: Infrared, Mic kedua, Jack Audio
  • Bagian Bawah: Port USB type-C, Mic Utama, lubang loudspeaker.



Secara keseluruhan, desain dan kualitas Xiaomi Mi5 adalah sangat bagus dan cocok menggambarkan sebagai sebuah ponsel flagship. Saya menyukai posisi speaker yang berada dibawah sehingga saat ponsel diletakkan di bidang empuk (misalnya tempat tidur) suaranya tidak mendem / tertutupi.

Review Layar Xiaomi Mi 5:

Mi5 memiliki layar berukuran 5.15" dengan resolusi Full HD (1920x1080). Walaupun produsen lain sudah ada yang menggunakan layar beresolusi QHD, tapi menurut saya pribadi, resolusi Full HD sudah lebih dari cukup dan justru memiliki keuntungan dimana tidak akan terlalu memberatkan sistem.

Layarnya memiliki sudut penglihatan yang baik, saat dilihat dari sisi kiri atau kanan terlihat masih jelas dan tidak ada perubahan warna yang berarti. Kontras layar baik, memiliki tingkat pencahayaan yang bagus dan tulisan masih terlihat dengan jelas di luar ruangan sekalipun.

Review Kamera Xiaomi Mi5

Kamera utamanya dapat menghasilkan foto dengan resolusi 16MP. Dilengkapi dengan dual-tone LED Flash yang berfungsi untuk menghasilkan foto dengan warna yang natural.

Dilengkapi dengan Optical Image Stabilization dan sensor Sony IMX 298 sehingga hasil fotonya rendah noise dan juga lebih tajam.

Dari segi kualitas kamera utama secara keseluruhan merupakan salah satu yang terbaik diantara produk dengan harga serupa. Detail foto yang dihasilkan bagus, noise rendah, white balance yang akurat, dan dynamic range tinggi.

Hasil fotonya bahkan bisa dibandingkan dengan kualitas dari Samsung Galaxy S7. Hanya saja untuk foto dalam keadaan cahaya minim, kualitasnya terbilang biasa-biasa saja.

Kamera depannya beresolusi 4MP. Walaupun "hanya" 4MP (produsen lain banyak yang sudah menggunakan 8MP bahkan 13MP). Tapi kamera depannya sudah menggunakan teknologi UltraPixel sehingga dapat menghasilkan foto selfie beresolusi tinggi, detail dan pewarnaan yang baik serta kontras tinggi.

Xiaomi Mi5 dapat melakukan perekaman video dengan resolusi sampai 4K@30fps. Kualitas videonya terbilang bagus, namun untuk kualitas suara yang dihasilkan kurang bagus (kemungkinan bisa diperbaiki dengan update software kedepannya).

Salah satu kelebihan Mi5 dalam perekaman video dibanding kompetitornya adalah telah dilengkapi dengan 4 Axis Optical Image Stabilization, sehingga dapat merekam video dengan lebih stabil (tidak goyang-goyang).

Review Performa dan Kemampuan Gaming Xiaomi Mi5

Mi 5 menggunakan chipset Snapdragon 820. Ada sedikit perbedaan spesifikasi dari versi yang ditawarkan sbb:

  • Untuk Versi 32GB menggunakan Kryo Cores berkecepatan 1.8 Ghz dan 2 lagi berkecepatan 1.6 GHz.
  • Untuk Versi 64 GB dan 128 GB menggunakan Inti Kryo berkecepatan 2.15GHz dan 2x1.6 GHz.

Semuanya menggunakan GPU Adreno 530. Namun untuk RAM yang digunakan ada perbedaan:

  • Versi 32GB dan 64GB menggunakan RAM 3 GB
  • Versi 128GB menggunakan RAM 4 GB

Untuk performanya tidak perlu diragukan lagi. Pengguna akan merasakan perpindahan antar menu dan aplikasi yang halus dan bebas lag. Tentu saja Xiaomi Mi5 akan siap untuk menjalankan game-game berat yang beredar sekarang dan yang akan datang.

Xiaomi Mi5 mendapatkan skor AnTuTu sebesar 131 ribuan. Diatas Galaxy S6 yang mendapat skor 79 ribuan dan setara dengan Galaxy S7.

Salah satu hal yang baik dari Chipset Snapdragon 820 adalah panas yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan seri 810. Sehingga Mi5 bisa dikatakan lebih mampu diajak bekerja keras dibandingkan pendahulunya.

Kualitas Audio

Xiaomi Mi5 menghasilkan kualitas suara yang bagus saat dipasangkan dengan headset / earphone atau ke external amplifier. Suara yang dihasilkan jernih dan juga keras.

Kualita loudspeakernya terbilang baik. Terdengar cukup jelas dan keras (lebih keras dari Mi4).

Daya Tahan Baterai

Xiaomi Mi5 menggunakan baterai berjenis Lithium Polymer berkapasitas 3000 mAh dan tidak bisa dilepas (oleh pengguna). Daya tahan baterainya menurut info yang sudah menggunakannya lebih baik dibandingkan Mi4.

Dengan penggunaan normal, Mi 5 masih dapat digunakan selama satu hari penuh.

Lain-Lain:

Xiaomi Mi5 memiliki infra merah (IR Blaster) sehingga sobat bisa menggunakan Mi 5 sebagai remote peralatan rumah tangga, misalnya untuk remot TV, AC, Radio, dsb. Tapi tentunya tergantung kompabilitas perangkat dan software yang digunakan.

Mi5 tidak memiliki Radio dan tidak bisa diinstall aplikasi FM Radio karena memang tidak support oleh Qualcomm. Produk lain yang memakai Chipset QualComm terbaru juga rata-rata tidak support FM Radio. Kalau mau mendengarkan Radio maka harus menginstall aplikasi streaming (menggunakan data).

Port USB menggunakan jenis Type C yang memiliki kelebihan kabelnya bisa dipasang bolak-balik (reversible) dan merupakan standar jenis USB terbaru.

Ponsel ini memiliki NFC bagi yang membutuhkannya. Gyro, accelerometer dan compass tersedia di Mi5, sehingga aplikasi Virtual Reality dapat berjalan dengan baik pada smartphone Android ini.

Untuk Launcher yang digunakan adalah MIUI 7 yang berjalan diatas sistem operasi Android Marshmallow 6.0.

Kelebihan Xiaomi Mi5:

  • Desain bagus dan solid
  • Layar yang bagus, memiliki kontras dan kecerahan yang tinggi.
  • Performa yang luar biasa karena menggunakan Chipset Qualcomm terbaru yaitu seri 820
  • Hasil foto bagus
  • Memiliki 4 Axis Optical Image Stabilization sehingga dapat merekam video dengan lebih stabil

Kekurangan Xiaomi Mi5:

  • Tidak ada slot micro SD
  • Baterai tidak bisa dilepas
  • Tidak anti air
  • Tidak ada FM Radio

Demikianlah info harga, spesifikasi dan review Xiaomi Mi5. Semoga bermanfaat - salam, gadoga.com




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ƒ ๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ˆ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜Š ๐Ÿ˜‹ ๐Ÿ˜Œ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜“ ๐Ÿ˜” ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜– ๐Ÿ˜˜ ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜ก ๐Ÿ˜ฑ ๐Ÿ˜ค ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ‘ ๐Ÿ™

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas ๐Ÿš€

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi