Cari SteadyCam / Camera Stabilizer Murah? Bikin Sendiri Saja



06 Agustus 2016 Oleh Ted

Kamu sedang cari steadycam atau camera stabilizer yang murah? Semurah-murahnya harganya paling tidak 300 / 400 ribuan. Bagaimana kalau kamu cuma punya dana 50 ribuan? he he jangan khawatir, kamu bisa bikin sendiri kok.

Bagi kamu yang belum tau apa itu steadycam atau camera stabilizer, sesuai dengan namanya, alat ini berguna untuk menstabilkan perekaman video. Fungsinya untuk meredam atau mengurangi gerakan-gerakan tangan yang tidak perlu.

Jadi misalnya tangan kamu gemeteran lalu melekukan perekaman video menggunakan ponsel atau kamera, hasil videonya pasti akan bergetar juga. Tapi kalau menggunakan steadycam / stabilizer, hasil videonya akan lebih stabil dan halus, setidaknya tidak terlalu bergetar.

Beberapa orang menyebut alat ini dengan sebutan gimbal. Tapi kalau gimbal biasanya menggunakan perangkat elektronik dan juga dinamo untuk menstabilkan getaran. Sementara kalau steady cam atau camera stabilizer hanya menggunakan sistem mekanik tanpa peralatan elektronik.

Pada tutorial kali ini saya akan memberi contoh bagaimana caranya membuat alat ini dengan bahan-bahan yang mudah ditemui di pasaran dan membutuhkan dana hanya 50 ribuan. Mari kita mulai.

1. Siapkan atau beli bahan-bahannya



Mini Tripod + Universal phone holder

Belinya di Tokopedia atau Bukalapak. Harganya mulai dari 18 ribuan. Itu sudah dapat mini tripod + Pegangan Hape. Kenapa bisa murah? Saya juga bingung kenapa bisa semurah itu Kalau kamu beli di mall-mall kemungkinan dijual 40-60 ribuan.

Bracket

Bracket ini biasanya dipakai untuk pasang fairing motor modifikasi, untuk ikatan knalpot, dll. Biasanya dijual di bengkel-bengkel motor. Harganya sekitar 10 ribuan. Kalau beli agak banyak biasa dikasih 7 ribuan.

Baut + Mur + Ring

Beli di bengkel motor juga, harganya murah kok. Sebenarnya cuma butuh 2 pasang baut, mur + ring. Tapi beli saja 3 atau 4 pasang untuk cadangan.

2. Potong atau amplas "mur" tatakan tripod

Hmm... sebenarnya saya juga bingung bagaimana menjelaskannya (tenang aja kalau ga ngerti, bisa tonton videonya dibawah). Tapi pada dasarnya cara membuat alat ini sangat-sangat mudah, jadi disarankan sobat praktek dulu nanti pasti mengerti apa yang saya bicarakan.

Jadi gini sob, kita perlu agar ujung tripod itu drat bautnya cukup panjang karena nanti akan dipakai untuk menjepit bracket. Oleh karena itu kita harus memotong (bisa juga di amplas) mur pada ujung tripod agar lebih tipis.

3. Sambungkan kedua bracket lalu bengkokkan

Sambungkan kedua bracket di ujung-ujungnya dengan menggunakan dua buah baut dan mur. Setelah itu bengkokkan sampai membentuk seperti huruf U besar (nanti ada fotonya dibawah).

4. Pasang Tripod diatas dan universal phone holder dibawah

Fungsi tripod selain untuk menjepit bracket bagian atas, bisa juga berfungsi untuk memasang kamera, atau ponsel atau action cam kamu.

Sedangkan universal phone holder dibawah fungsinya untuk menaruh ponsel kamu sebagai pemberat agar stabil.

5. Stabilkan Posisi

Setelah itu sobat tinggal menstabilkan posisi sudut kamera dengan cara menggeser-geser lokasi tripod diatas atau universal phone holder di bawah.

Hasil akhirnya akan seperti foto dibawah:



6. Di Cat Biar keren

Ini sih opsional saja, kalau kamu mau kelihatan lebih keren bisa di cat / di pilox warna hitam, biru, merah atau pink terserah kamu aja sob.

Bagaimana dengan hasil rekamannya, apakah jadi lebih halus?

Saya cuma bisa bilang, "lumayan" lah untuk modal 50 ribuan. Dan tidak ada ruginya dicoba, toh tripodnya bisa dipakai. Bracket yah sewaktu-waktu mungkin bisa dipakai dan harganya tidak mahal juga.

Hasil perekamanan lebih halus dan tidak seperti terlalu tajam getarannya. Tapi memang tidaklah sehalus steadycam "beneran" apalagi jika dibanding dengan yang harga jutaan, jelas jauh lah.

Tapi, selain bisa berguna sebagai stabilizer, ada kelebihan lain jika menggunakan tutorial ini. Yaitu, jika kamu memasang action camera kamu di alat ini dan kebetulan action cam kamu tidak punya layar (misalnya seperti Xiaomi Yi), maka ponsel yang kamu letakkan dibawah bisa kamu koneksikan lewat wifi sebagai layar. Jadi selain berfungsi sebagai penyeimbang juga berfungsi sebagai pegangan handphone.

Untuk lebih jelasnya dan contoh hasil perekaman kamu bisa melihat videonya dibawah ini:

Demikianlah informasi cara membuat steadycam / camera stabilizer (atau gimbal) dengan dana hanya 50 ribuan. Semoga bermanfaat

Mau selalu dapat tips & trik, tutorial dan review terbaru? , dan juga subscribe channel kami. Tujuannya biar kamu gampang menemukan gadoga.com, mungkin suatu saat kamu akan membutuhkannya Gratis kok sob!




Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi