Tanya: Download aplikasi Android katanya gratis, tapi kok pulsa habis?

Berikut adalah pertanyaan yang masuk melalui halaman “Cara Menggunakan Android untuk Pemula”:

Pertanyaan Oleh Pikoq:

Mas gan saya ini pengguna android baru.baru saja pake…se mini pro.apa ngaruh ya pulsa yang tidak di paketin internet bisa langsung abis.sedangkan menggambil app yang free.saya tadi coba tanpa menggunakan paket internet(belom tau)dari pulsa 30rb mendownload game 5mb pulsa langsung 50perak.itu pun belom rampung download.mohon penjelassnya…

Jawab:

Maksud dari aplikasi Android gratis atau free adalah kita sebagai pengguna handphone Android tidak perlu membeli atau membayar sepeser pun kepada pembuat aplikasi untuk dapat menggunakan aplikasinya. Namun, biaya bisa timbul pada saat proses mengunduh (download) aplikasi tersebut. Penjelasan lebih detilnya dapat dibaca dibawah.

Salah satu cara untuk menambah atau menginstall aplikasi Android yang baru, adalah dengan cara mengunduhnya melalui Android Market yang saat ini bernama Google Play Store (Baca: 3 Cara install aplikasi Android).

Agar dapat mendownload aplikasi dari Android Market, diperlukan koneksi data (internet).  Koneksi data dapat diaktifkan menggunakan jaringan wifi dan bisa juga melalui jaringan operator telepon yang digunakan.

Apabila download aplikasi Android menggunakan jaringan free wifi, maka tidak akan ada biaya tambahan apapun. Namun, apabila downloadnya melalui jaringan operator telepon, maka besar biayanya tergantung dari tarif yang ditentukan operator.

Aplikasi Android gratis berarti kita tidak perlu membayar uang kepada sang pembuat aplikasi, tapi untuk mendownload aplikasi / game tersebut dikenakan biaya download oleh operator telepon

Contoh:

Apabila tarif internet (tarif “GPRS”) yang dipatok oleh operator telepon sebesar Rp. 1/KB, maka untuk mendownload aplikasi sebesar 5 MB akan dikenakan biaya: 5MB = 5000 KB.  Biaya yang dikeluarkan = 5000 KB x Rp. 1/KB = Rp. 5.000,-

Perhitungan tarif pada contoh diatas adalah dihitung berdasarkan volume based atau tergantung berapa banyak data yang diunduh dan di unggah (upload). Apabila operator menentukan tarifnya berdasarkan time based atau berdasarkan waktu, maka besarnya biaya yang dikeluarkan tergantung berapa lama pengguna menggunakan koneksi data (internet).

Sekarang kembali lagi ke pertanyaan Pikoq, dikatakan bahwa untuk mendownload file game sebesar 5 MB menghabiskan biaya sampai Rp. 30.000. Menurut pendapat saya, pulsa habis bukan hanya akibat mendownload aplikasi, namun juga diakibatkan oleh hal lain, misalnya proses sinkronisasi data maupun akibat penggunaan aplikasi Android yang lain (baca: Kenapa Android boros pulsa?)

Apabila Anda sering melakukan download aplikasi dan game, sering menonton video secara streaming, seringbrowsing, atau melakukan hal-hal lain yang membutuhkan koneksi internet, maka disarankan untuk segera menggunakan paket internet agar lebih murah. Bila sudah menggunakan paket internet (Baca: Penjelasan paket internet), setiap kali download aplikasi, pulsanya tidak akan terpotong lagi (selama kuotanya masih ada).



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi