Tips Teknis Seputar Handphone

Tanggal 4 Mei 2013

Dibawah ini adalah beberapa tips untuk melakukan factory reset, wipe data dan tips2 / shortcut yang berguna untuk HP BlackBerry dan Android. Saya menulis artikel ini juga agar saya ingat saja dan tidak repot mencarinya bila sewaktu2 diperlukan. Saat ini masih belum terlalu banyak, namun akan ditambahkan sedikit2.

Android

Berikut ini adalah tips cara mengoperasikan Android yang sering ditanyakan. Untuk cara menggunakan Android bagi pemula klik disini. 

Tips dibawah ini akan ditambahkan secara berkala.

Keterangan Singkatan:

  • OS = Operating System / Sistem Operasi
  • ICS = Ice Cream Sandwich / sistem operasi Android 4.0
  • JB = Jelly Bean / Sistem operasi Android 4.1

Cara Hapus Data dan Cache Aplikasi

OS  Gingerbread (2.3) kebawah : Buka Setting > applications > manage applications > klik “all” > Cari aplikasi yang ingin dihapus cache/data-nya > klik clear cache (untuk menghapus cache) > klik clear data (untuk menghapus data.

OS ICS (4.0) keatas: Dari halaman muka tekan tombol MENU > klik Manage Apps > Cari aplikasi yang dimaksud > Click Clear Data atau Clear Cache.

Catatan: Apabila Anda mengklik “Clear Data”, maka data dari aplikasi tersebut akan terhapus, misalnya apabila Anda sedang login di salah satu aplikasi, setelah di klik clear data, maka akan otomatis log out dari aplikasi tersebut dan harus login ulang.

Cara Factory reset (mengembalikan hp ke settingan awal, akan menghapus data di memori telepon)

OS Gingerbread kebawah: Tekan tombol HOME > tombol MENU > Klik Settings (Pengaturan) > Klik Privacy (Privasi) > Klik Factory Data Reset (reset data pabrik)

OS Ice Cream Sandwich :  Tekan/Sentuh tombol HOME   >  tombol MENU > Klik System Settings > Klik Backup & Reset  > Klik Factory > pilih Data Reset > Klik Reset Phone

Catatan:Apabila Anda telah mengupgrade atau menginstall OS custom (Custom ROM), maka bila dilakukan factory reset, kondisi handphone / tablet Android akan tetap berada pada sistem operasi yang terakhir kali diinstall (tidak kembali ke OS bawaan pabrik. Bila keadaan HP / Tablet sudah di root, maka pada sebagian besar kasus, ketika di factory reset, kondisi handphone akan tetap ter-root.

Cara Setting APN (Access Point Names) Internet Android

OS Gingerbread:  Pergi ke Settings (pengaturan) > Klik Wireless & Networks (Nirkabel dan Jaringan) > Klik Mobile Networks (Jaringan Seluler / Telepon) > Klik Access Point Names (Nama Akses Point / nama titik akses) > Tekan tombol MENU > klik New APN (APN Baru)

OS ICS: Tekan tombol MENU > klik System Settings > dibagian “Wireless & Networks”, klik “More..” > klik Mobile Networks > klik Access point names > tekan tombol MENU > klik New APN untuk membuat APN baru.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan sinkronisasi data / kontak / kalender aplikasi di Android

masuk ke Settings (Pengaturan) > klik Account & Sync (Akun & Sinkronisasi) > cari aplikasi yang ingin diaktifkan / dinonaktifkan sinkronisasinya > Beri centang untuk mengaktifkan sinkronisasi, kosongkan centang agar tdk di sinkronisasi.

Contohnya jika Anda tidak ingin kontak WhatsApp tersinkronisasi dengan kontak telepon: Buka Settings > klik Account & Sync > cari dan klik aplikasi WhatsApp > hilangkan tanda centang dari tulisan “Sync Contacts) (Sinkronisasi kontak)

Cara Kalibrasi Accelerometer / Sensor gravitasi:

Berguna untuk mengatasi hasil foto Android yang tidak sesuai arahnya (miring / terbalik, dsb)

Masuk ke Settings > klik Display > klik Horizontal Calibration / G-Sensor Calibration > letakkan HP di tempat datar sampai bola warna biru berada di tengah > klik calibrate

Cara Backup Aplikasi dan Data ke Google Server

Masuk Settings > Backup & Reset > Centang tulisan “Back up my data” untuk mengaktifkan fitur backup.

Saat fitur ini diaktifkan, maka data aplikasi yang telah di install akan disimpan di server Google. Saat Anda mengganti HP, maka aplikasi yang terinstall di HP Lama akan diinstall lagi di HP yang baru dengan cara mendownload ulang melalui Google Play. Tidak semua aplikasi dapat terbackup, dan untuk aplikasi yang tidak diinstall melalui Google Play tidak akan terbackup. Untuk melakukan Backup secara manual, baca artikel: Cara Backup Aplikasi Android. 

BlackBerry

Cara Wipe data / menghapus data BlackBerry (kalau ingin dijual)

Masuk ke Options >klik security options >klik general settings >pencet tombol BB, klik wipe handheld > centang “third party applications” kalau ingin menghapus aplikasi yang sudah terdownload >kli continue, lalu ketik: blackberry dan setelah itu tekan tombol enter.

Cara Soft reset / Restart BlackBerry (tanpa perlu mencabut baterai)

Berguna untuk mematikan BlackBerry sepenuhnya dan mengatasi permasalahan yang ringan (BB lemot, hang, pending, dsb). Hanya bisa dilakukan pada HP BB yang memiliki tombol QWERTY fisik. Berikut caranya: Tekan dan tahan tombol “Alt” + tombol “Shift” / (tombol huruf besar) yang sebelah kanan + tombol “Backspace/delete” secara bersamaan >layar akan mati dan BB akan restart.



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi