ASUS ZENFONE 6 FAQ

ASUS ZENFONE 6 adalah phablet (phone-tablet) dengan layar berukuran 6″ yang dikeluarkan oleh ASUS. Phablet ini memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dengan harga terjangkau.

Berhubung banyak yang bertanya, berikut daftar pertanyaan yang sering diajukan berkaitan dengan ASUS Zenfone 6:

 

1. Apakah ASUS Zenfone 6 Sudah tersedia di pasaran?

  • Mulai tanggal 16 April 2014 sudah tersedia di pasaran, namun stok-nya masih terbatas. Saya mendapatkan ASUS Zenfone 6 di ITC Roxy Mas.

2. Single SIM atau dual SIM?

  • Dual SIM dual Standby

3. Dapat memori internal berapa?

  • Internal memori 8 GB, namun yang bisa digunakan sekitar 4 GB lebih, sisanya digunakan untuk sistem.  Update: Untuk Zenfone 6 generasi baru memori internal ada yang 16 GB

4. Apakah ada slot Micro SD?

  • untuk tambahan memori bisa menggunakan Micro SD yang dapat membaca hingga 64 GB

5. Apakah baterai bisa dilepas?

  • Baterai tidak bisa dilepas, tapi cover belakang bisa dicopot untuk ganti kartu dan ganti micro SD

6. Apakah ada lampu LED notifikasi?

  • Ada

7. Paket Penjualannya apa saja?

  • Hanya Ponsel dan Charger saja, Earphone / Headset tidak dapat

8. Apakah ASUS Zenfone 6 Support USB OTG (bisa baca flash disk)

  • Sayangnya tidak bisa. Update: saat diperiksa dengan aplikasi otg checker, ASUS Zenfone 6 sebenarnya memiliki OTG API, jadi kemungkinan harus dilakukan modifikasi kernel terlebih dahulu baru bisa membaca otg.Menurut info yang kami miliki, Zenfone 6 yg beredar di luar negeri ada yg support otg
  • Update 18 Agustus 2014: Asus Zenfone 6 kini sudah support USB OTG. Bila ponsel anda belum support, bisa update ke firmware terbaru.

9. Apakah ada sensor magnet / Compass?

  • Ada

10. Memori RAM Berapa?

  • 2 GB

11. Apakah nyaman di genggam?

  • Agak sedikit kelebaran tapi masih bisa di handle.
review ASUS Zenfone 6

ASUS Zenfone 6

asus-zenfone-6-belakang

12. Apakah bisa mengetik menggunakan satu tangan?

  • Dalam kondisi layar full, akan terasa sulit menggunakan Zenfone 6 (kecuali jempolnya panjang :D), belum lagi kondisi tombol BACK yang ada di sebelah kiri akan menyulitkan untuk navigasi (Kecuali bagi yang kidal, maka justru posisi tombol BACK di kiri akan memudahkan). Tapi jangan khawatir, karena ada Settingan One Hande Mode, jadi tampilan layar mengecil dan bergeser ke kanan / kiri (bisa pilih) agar bisa terjangkau dengan hanya satu tangan saja. Kita bisa memilih mau ukuran layar berapa inchi, ada pilihan 4.3″, 4.5″ dan 4.7″. (lihat gambar dibawah)
Mode Pengoperasian Satu Tangan ASUS Zenfone 6

Mode Pengoperasian Satu Tangan ASUS Zenfone 6

13. Apakah ASUS Zenfone 6 bisa masuk kantong celana?

  • Masih bisa, karena dimensinya relatif tipis. Tapi kalau kantong celananya kecil, akan sulit masuk. Untuk celana wanita, apalagi jenis jeans akan sulit untuk memasukkan Zenfone 6, karena dimensinya cukup lebar.

asus-zenfone-6-masuk-celana

14. Apakah bisa sentuh layar menggunakan Pensil / Benda lainnya (bukan dengan tangan)?

  • Bisa, aktifkan dulu menu “Glove Mode” di: Setting > ASUS customized settings > Centang Glove Mode (Mode Sarung Tangan). Kami coba menggunakan pensil biasa dan bisa mengoperasikan layar, namun saat dicoba menggambar masih agak kurang nyaman. Saat dicoba menyentuh layar menggunakan sendok, layar dapat merespon dan utk menggambar juga lumayan.

15. Apakah ada menu Bahasa Indonesianya?

  • Ada

16. Apakah layarnya sensitif:

  • Ya (pakai sarung tangan saja bisa :D )

17. Bagaimana Performa ASUS Zenfone 6?

  • Untuk performa sehari-hari bagus, software bawaan Android 4.3 tidak ada kendala dan lancar. Untuk Multi Tasking juga baik dan tidak ada lag. Saat Switch dari satu aplikasi ke aplikasi lain, kondisi (state) aplikasi masih sama seperti sebelumnya ditinggalkan. Untuk hasil Antutu mendapat score 23116, berada diatas Samsung Galaxy Note 2.
Asus Zenfone 6 Antutu Score

Asus Zenfone 6 Antutu Score

asus-zenfone-6-memori-ram-internal

18. Daya tahan baterai bagaimana?

  • Untuk unit yang saya miliki daya tahan baterainya kurang memuaskan. Untuk pemakaian normal, agak sulit untuk mencapai satu hari full (saya menggunakan dual sim). Namun beberapa pengguna yang menggunakan hanya satu SIM Card saja mengatakan bahwa daya tahan baterai ASUS Zenfone 6 cukup baik. Update: Setelah digunakan beberapa saat, daya tahan baterainya relatif normal. Walau tidak bisa full satu hari, namun dengan pemakaian intens, cas di jam 7 pagi, sekitar jam 5 sore kondisi baterai sekitar 20%.

19. Apakah Kedua SLOT SIM Support 3G?

  • Kedua slot SIM support 3G, tapi hanya satu saja yang bisa aktif pada saat bersamaan (bisa pilih mau mana yang aktif). SIM yang koneksi internetnya aktif ditandai dengan berwarna hijau sinyalnya

20. Apakah bisa screenshot / Screen capture?

Bisa, cara secreenshot ASUS ZENFONE 6: Tekan tombol Volume Down + Tombol Power secara bersamaan. Hasil screenshot bisa dilihat di Gallery

21. Bagaimana Hasil Kamera ASUS Zenfone 6?

ASUS Zenfone 6 Memiliki Kamera beresolusi 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Video. Dan Kamera depan: 2 MP.

Untuk kualitas kameranya bisa dibilang cukup baik. Kalau dibandingkan dengan pesaing di kisaran harga yang sama, maka kualitas kameranya bisa dikatakan diatas rata-rata. Asus Zenfone 6 dikatakan memiliki keunggulan kamera yang dinamakan Pixel Master dengan fitur yang digembor-gemborkan yaitu Low Light, dimana dapat menangkap object di tempat gelap dan menjadikannya 400% lebih terang. Namun, saat fitur low light diaktifkan, resolusi maksimal yang bisa dihasilkan akan diturunkan menjadi hanya 3 MP saja.

ASUS Mengatakan bahwa teknologi Low-Light nya bisa disetarakan dengan kamera DSLR. Menurut saya? Engga juga lah :D Jelas kualitas DSLR lebih baik, karena lensa kamera DSLR lebih baik dalam menangkap cahaya. Saat mode low light diaktifkan, memang hasil jepretan foto lebih terang, tapi akan ada penurunan detail foto. Namun apabila dibandingkan dengan kamera smartphone yang lain (dikisaran harga yang sama), kemampuan ASUS Zenfone 6 dalam menangkap foto di tempat minim cahaya lebih baik.

Hasil kamera ASUS Zenfone 6 (image di perkecil agar tidak terlalu berat dibuka):

hasil-foto-asus-zenfone-6-asli

hasil-kamera-asus-zenfone-6

Hasil Makro (Foto Jarak Dekat)

Hasil Makro (Foto Jarak Dekat)

Fitur Low Light Pixel Master

Fitur Low Light Pixel Master

Hasil foto di tempat dengan cahaya minim tanpa flash

Hasil foto di tempat dengan cahaya minim tanpa flash. 
Perhatikan awan di langit malam masih terlihat

22. Kenapa ASUS Zenfone 6 tidak bisa mengirim hasil jepretan kamera via BBM?

Ada beberapa pengguna yang mengatakan tidak bisa kirim / attach foto via BBM, khususnya foto yang diambil menggunakan kamera. Setelah dicoba, ternyata saya pun mengalami hal yang sama. Saat dicoba attach, tertulis: “Access Denied”.

Hal ini terjadi karena aplikasi BBM tidak bisa mengakses folder DCIM/Camera atau folder foto yang tersimpan di Memori Card.

Untuk mengatasi hal ini, caranya cukup mudah, Anda cukup menyalin (copy) file foto yang mau dikirim dari folder di SD card ke memori internal telepon.

Caranya: Buka Gallery > pilih foto yang mau di salin dgn mengklik tanda centang di kanan atas lalu pilih satu atau beberapa foto yang ingin dipindah > klik tiga kotak kecil di kanan atas > klik Copy To… > pilih dimana foto ingin disalin (misalnya di folder BBM yang pasti bisa dikirim) > klik Ok > Setelah foto selesai di salin, sekarang Anda bisa attach foto tersebut ke BBM.

Cara kedua untuk mengatasi Zenfone tidak bisa kirim gambar BBM adalah sebagai berikut:

  • Attach gambar seperti biasa > akan gagal / access denied (kalau foto disimpan di SD card)
  • Klik gambar yang gagal dikirim tadi agar tertampil full screen / ukuran penuh
  • Klik tombol Share / bagikan
  • Pilih BBM
  • Pilih kontak yang mau dikirim gambarnya.

Diharapkan setelah update aplikasi BBM versi terbaru, masalah ini bisa hilang atau bisa juga hilang setelah ada update firmware dari ASUS Zenfone 6.

23. Sistem Operasi Bawaanya Android versi berapa?

OS Bawaan Adalah Jelly Bean dengan kepastian upgrade ke KitKat.

Update November 2014: Saat Ini Zenfone 6 Sudah dapat di upgrade ke OS Android KitKat.

24. ASUS Zenfone 6 apakah bisa di upgrade ke Android Lollipop?

Menurut desas-desusnya ASUS Sudah mempersiapkan Android versi 5.0 (Lollipop) untuk jajaran ponsel Zenfone-nya. Namun untuk kepastiannya masih menunggu waktu

25. ASUS Zenfone 6 katanya gampang panas, apalagi buat main game?

Masalah gampang panas biasanya terjadi kalau kondisi sinyal kurang baik. Saya beberapa kali pernah mengalami ponsel terasa hangat ketika sinyal hanya ada satu garis saja. Namun panas ini masih bisa di toleransi dan bukan panas yang ekstrim berlebih.

Soal panas saat digunakan bermain game, saya tidak bisa 100% memastikan karena saya menggunakan ponsel ini untuk bekerja dan tidak menginstall game HD berukuran besar (kalau game2 kecil tidak terasa panasnya). Kalau menurut tebakan saya, orang yang bilang ZF6 gampang panas adalah pengguna yg memainkan game dengan koneksi internet dan kondisi sinyalnya kurang baik.

Seandainya tujuan utama Anda adalah untuk bermain game, mungkin sebaiknya jangan membeli ASUS Zenfone, tapi lebih baik beli ponsel yang menggunakan prosesor Qualcomm atau Mediatek. selain karena isu panas (walau belum bisa saya pastikan kebenarannya), namun juga karena ponsel yang menggunakan prosesor Intel masih tidak terlalu banyak, jadi ada kemungkinan beberapa game yang tidak kompatibel.

26. Daftar distributor resmi ASUS Zenfone di Indonesia apa saja?

Berikut pemasok resmi / distributor ASUS Zenfone:

  1. Erajaya (TAM) / PT Erajaya Swasembada
  2. Datascrip / PT Datascrip
  3. Metrodata / PT Synnex Metrodata Indonesia.

Zenfone dikatakan bergaransi resmi kalau distributornya adalah salah satu dari ketiga yang disebutkan diatas. Diluar itu adalah garansi toko / distributornya masing-masing dan jika ada kerusakan tidak bisa diperbaiki di service center resmi ASUS / ditolak.

 Kelebihan ASUS Zenfone 6:

  • Performanya sangat baik, perpindahan menu mulus tanpa lag dan dapat multi tasking dengan lancar
  • Kualitas kamera baik
  • Kualitas layar HD yang baik (walau belum full HD) dan layar menggunakan kaca Gorilla Glass 3

Kekurangan ASUS Zenfone 6:

  • Penerimaan sinyal dirasa kurang kuat (update: setelah dilakukan update firmware, penerimaan sinyal menjadi jauh lebih baik)
  • Daya tahan baterai tidak terlalu memuaskan (Update: setelah dipakai beberapa saat, daya tahan baterainya cukup normal)
  • Kapasitas memori internal kurang lega (Punya saya yang 8GB, tapi saat ini sudah ada yg versi 16GB, jadi memori internalnya lebih besar)
  • Kalau kondisi sinyal susah, ponsel terasa agak panas
  • Tombol kapasitif (HOME, BACK, RECENT APPS) Tidak ada lampunya, sedikit menyulitkan kalau di malam hari.

Spesifikasi ASUS Zenfone 6:

Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 HSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
Kartu SIM Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Ukuran 166.9 x 84.3 x 5.5-9.9
Berat 196 gr
Layar: IPS capacitive touchscreen, 16M colors, 720 x 1280 pixels, 6.0 inches, Multi Touch
Protection Corning Gorilla Glass 3
Slot Kartu Memori microSD, up to 64 GB
Memori Internal & RAM 8 GB, 2 GB RAM
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot
Bluetooth Yes, v4.0 with A2DP, EDR
USB Yes, microUSB v2.0
Kamera 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Video. Kamera depan: 2 MP
OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean), upgradable to v4.4.2 (KitKat)
Chipset Intel Atom Z2580
CPU Dual-core 2 GHz
GPU PowerVR SGX544MP2
Sensors Accelerometer, proximity
Radio Ada
GPS Yes, with A-GPS support
Baterai Non-removable Li-Po 3300 mAh battery (12 Wh)

 



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😋 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - GIG17
Disclaimer | Kebijakan Privasi