Cara Menggunakan USB On The Go (OTG) pada SmartPhone atau Tablet

USB On  The Go (OTG) adalah kemampuan sebuah smartphone atau tablet untuk dapat membaca flash disk dan melakukan pertukaran file (baca, edit, transfer file). Mungkin karena karena bisa dilakukan di perangkat mobile, makanya dinamakan On-The-Go atau kalau diterjemahkan artinya: dimana saja. Fitur ini pertama kali saya ketahui ada di ponsel Symbian buatan Nokia (tipe N8 kalau tidak salah) yang menurut saya keren banget kala itu. Namun untuk saat ini sudah banyak ponsel maupun tablet Android yang memiliki fitur USB OTG.

Untuk dapat membaca USB flash disk Anda membutuhkan hal sebagai berikut:

  • Ponsel atau Tablet yang support USB OTG
  • Kabel USB OTG
  • Aplikasi File Manager (biasanya terinstall ada di hp atau tablet)

Berikut cara menggunakan USB On The Go pada ponsel atau tablet Android:


Tahap #1: Pastikan ponsel atau tablet Anda mendukung fitur USB OTG

Untuk mengetahuinya Anda bisa menanyakan kepada orang yang sudah pernah pakai perangkat tersebut atau bisa juga lihat keterangan di box smartphone Anda. Pada contoh kali ini saya menggunakan ponsel ASUS Zenfone 6


Tahap #2: Beli kabel USB OTG

Kabel USB On The Go bisa dibeli di toko komputer atau di toko aksesoris ponsel. Harganya kisaran 50 ribu Rupiah, bisa lebih mahal bisa lebih murah tergantung tempat belinya :D Harap perhatikan tipe colokan ponsel Anda, jangan salah beli atau bawa ponsel atau tabletnya untuk dites langsung.

Kabel USB On The Go

Kabel USB On The Go 
Catatan: Kabelnya tidak harus warna putih atau seperti di foto diatas, kebanyakan yang beredar saat ini kabel warna hitam


Tahap #3: Hubungkan USB Flash Disk ke Ponsel / tablet via Kabel USB OTG

Anda tinggal colok langsung flash disk ke ponsel dengan perantara kabel OTG, fotonya seperti dibawah:

cara-menggunakan-usb-on-the-go-android


Tahap #4: Akses gunakan aplikasi file manager

Untuk dapat membuka file, copy paste file, edit file yang ada di flash disk, Anda bisa mengunakan aplikasi file manager. Biasanya aplikasi ini sudah ada atau sudah terinstall di ponsel atau tablet Android. Kalau belum Ada, bisa dengan mudah diinstall dari Play Store. Ketikkan saja: file manager di kolom pencarian, nanti akan banyak muncul pilihannya. Kalau saya pribadi suka menggunakan aplikasi Dual File Manager XT karena relatif mudah penggunaannya.

Untuk lokasi folder USB Flash disk bisa di beberapa tempat, tergantung merk dan tipe ponselnya. Kalau di ASUS Zenfone 6, folder USB Flash Disk bisa ditemui di folder:/Removable/USBdisk1 (lihat gambar dibawah)

cara-baca-flashdisk-di-handphone

Kalau ponsel lain mungkin lokasinya beda, misalnya di Storage/USBdisk1 atau di external/USBdisk1, dan yang paling sering di mnt/USBdisk1.


Tahap #5: Setelah selesai, jangan asal cabut flashdisk

Untuk mencegah kerusakan flashdisk, jangan sembarang cabut media storage, apalagi saat proses transfer berlangsung. Untuk mencabutnya lakukan hal berikut:

  • Masuk ke Settings / Pengaturan ponsel
  • Klik Storage / Penyimpanan
  • Pada bagian USB Storage, klik Unmount External Storage / Lepas Penyimpanan Luar (Lihat gambar dibawah)
  • Tunggu sampai selesai / muncul keterangan yang muncul, setelah itu baru cabut flash disknya

cara-pakai-usb-on-the-go-android-zenfone-5-6

 

Fungsi USB OnTheGo biasanya tidak terbatas hanya untuk membaca flashdisk saja, tapi bisa juga untuk menyambungkan perangkat lain seperti Keyboard atau Mouse USB. Namun untuk fitur ini sangat tergantung dengan perangkat Androidnya apakah support atau tidak. Jika masih bingung misa melihat videonya dibawah ini:

Demikian artikel cara menggunakan fitur USB On The Go pada ponsel atau tablet Android, semoga bermanfaat.



Agar sobat tidak ketinggalan info dan tips berguna lainnya, ikuti media sosial kami (free):

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

©2009-2017 gadoga.com - P13
Disclaimer | Kebijakan Privasi