Review dan Harga Sony Xperia Z Ultra

5 September 2013

Iklan Sony Xperia Z Ultra belakangan ini sering muncul di televisi Indonesia. Fitur yang diunggulkan oleh phablet (phone-tablet) ini adalah ukuran layar ekstra lega sebesar 6,4″ dengan ketebalan yang sangat tipis (6,5 mm) dan juga tahan air serta debu. Dengan kombinasi seperti itu tampaknya cukup menggiurkan. Namun, apakah layak untuk dibeli? Baca terus review Sony Experia Z Ultra persembahan gadoga.com berikut.

Harga Sony Xperia Z bulan september 2013

  • Baru: Rp. 7.500.000
  • Bekas: Rp.-

Foto Sony Xperia Z Ultra

harga sony xperia z ultra

Sony Xperia Z Ultra

Keterangan Rating Review

rating

Desain

4-bintang
Dimensi: 179.4 x 92.2 x 6.5 mm, berat: 212 gr ~ IP58 certified (anti air dan debu)

Sony Xperia Z memiliki ukuran panjang 179.4 mm, lebih panjang sekitar 3 cm dibanding Samsung Galaxy Note. Tentu saja hal ini akan membuat penggunanya akan sedikit kesulitan untuk mengantonginya.

Namun disisi lain, ketebalan smartphone ini sangat tipis, hanya 6.5 mm,  apalagi bila dibandingkan dengan lebarnya membuatnya menjadi semakin kelihatan tipis.

Dari sisi desain, Xperia Z tampak terlihat elegan, khas ponsel Sony kebanyakan. Saat dipegang, phablet ini terasa solid dan kokoh. Sony Xperia Z mendapatkan sertifikasi IP58, lebih tinggi dibanding Xperia Z yang mendapat sertifikasi IP57. Hal ini berarti ketahanan air Z Ultra lebih baik dari Z. IP58 sendiri berarti tahan air hingga kedalaman 1.5 m selama 30 menit.

Pada bagian atas layar terdapat earpice, kamera depan, sensor cahaya dan proximity dan juga lampu LED notifikasi. Pada sebelah kanan terdapat tombol power, jack audio 3.5 mm, slot microSD dan SIM serta tombol Volume. Pada sebelah kiri terdapat lubang micro USB yang support MHL (Mobile High-Definition Link).

Microphone terletak pada bagian atas dan bawah. Mic yang terletak diatas berfungsi sebagai noise cancellation(agar suara saat menelpon lebih jernih). Pada bagian belakang hanya terdapat lensa kamera berkekuatan 8 MP dan juga logo NFC (Near field communication) untuk menunjukkan posisi antena NFC.

Layar

5-bintang
1080 x 1920 pixels, 6.4 inches ~ Layar jenis kapasitif ~ 16 juta warna  ~ Shatter proof and scratch-resistant glass ~ Triluminos display

Layarnya beresolusi full HD dan menghasilkan kerapatan 344 ppi (pixel per inch). Memang tingkat kerapatannya masih kalah dibanding Xperia Z maupun Oppo Find 5 yang menggunakan resolusi sama di layar dengan ukuran lebih kecil. Namun, Anda akan kesulitan melihat bedanya. Bayangkan saja, resolusi yang digunakan pada Xperia Z ultra adalah sama dengan resolusi yang digunakan pada TV atau layar komputer yang berukuran 32″ keatas.

Sony Xperia Z Ultra menggunakan teknologi X-Reality engine, yaitu penyempurnaan dari teknologi Mobile Bravia Engine yang berfungsi untuk mempertajam tampilan gambar pada layar, mengurangi noise sekaligus meningkatkan kontras. Hasilnya, tampilan layar phablet ini nyaman untuk dilihat dan merupakan salah satu yang terbaik (untuk ukuran phablet) saat artikel ini ditulis.

Tingkat sensitivas layar sangat baik, bahkan Anda dapat menggunakan pulpen maupun pensil untuk mengoperasikan layar atupun membuat catatan. Kacanya diberi lapisan pelindung yang tahan terhadap goresan penggunaan sehari-hari.

Audio

3-bintang
3.5 mm jack audio, loud speaker

Kualitas suara saat menggunakan earphone terdengar baik. Suaranya jernih dan terdengar jelas, apalagi didukung oleh aplikasi pemutar musik (Walkman Music Player) yang cukup lengkap.

Namun untuk kualitas loud speaker Sony Xperia Z Ultra terasa kurang kencang. Hal ini kemungkinan besar karena desainnya yang tahan air, sehingga untuk melindungi speaker ada lapisan pelindung yang memiliki efek meredam suara.

Memori

4-bintang
Internal 16 GB, 2 GB RAM, MicroSD slot up to 64 GB

Sony Xperia Z Ultra memiliki memori internal sebsar 16 GB (tidak semua bisa dipakai oleh pengguna, sebagian digunakan untuk sistem). Apabila masih dirasa kurang, bisa ditambahkan dengan microSD dengan kapasitas hingga 64 GB. Memori RAM sebesar 2 GB dirasa cukup untuk menunjang aktifitas prosesor.

Kamera

3-bintang
Kamera utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus. Perekaman video 1080p @30fps. Kamera depan 2 MP 

Tampaknya sektor fotografi bukan fokus utama dalam desain Sony Xperia Z Ultra. Phablet ini disematkan kamera yang dapat menangkap gambar dengan resolusi ‘hanya’ 8 MP. Selain itu kamera belakangnya tidak dilengkapi dengan lampu flash, jadi Anda tidak akan bisa mengambil foto di tempat tanpa pencahayaan sama sekali.

Untuk kualitas hasil kameranya cukup baik namun jika kamera adalah salah satu fokus utama Anda dalam membeli smartphone, maka Xperia Z Ultra bisa dilewatkan, karena ada beberapa pilihan lain yang memiliki kualitas kamera lebih baik dengan harga lebih murah.

Xperia Z Ultra dapat merekam video 1080p dengan kecepatan 30 frame perdetik. Sebenarnya dengan chipset Snapdragon 800 yang dipakai pada Z Ultra seharusnya bisa menghasilkan kecepatan perekaman yang lebih baik lagi. Namun tampaknya yang menghalangi hal tersebut adalah sensor kamera yang digunakan. Detail Video yang dihasilkan baik, video terlihat lancar dan untuk kualitas audio yang terekam adalah stereo.

Jaringan dan Konektivitas

5-bintang
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 ~ HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 ~ Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot ~ Bluetooth v4.0 with A2DP ~ microUSB v2.0 (MHL), USB On-the-go ~ NFC 

Konektivitas Sony Xperia Z Ultra sangat lengkap. Jaringannya mendukung data kecepatan tinggi mencapai 42 Mbps HSDPA (download) dan 5.76 Mbps HSUPA (upload). Namun sayangnya belum ada operator di Indonesia yang support secara maksimal internet kecepatan tinggi.

Port micro USB dapat juga sekaligus berfungsi sebagai MHL (Mobile High-Definition Link). Fungsi MHL adalah untuk menghubungkan Xperia Z ultra dengan HDTV (High Definition TV) atau ke perangkat lain yang mendukung.

Antena NFC (Near Field Control) sudah tertanam pada Sony Xperia Z Ultra, namun untuk menggunakannya, pengguna harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play.

Performa

5-bintang
Chipset Qualcomm Snapdragon 800, Quad-core 2.2 GHz Krait 400, GPU Adreno 330, RAM 2GB

Sony Xperia Z Ultra menggunakan processor Snapgradon 800 yang merupakan chipset buatan Qualcomm dengan kemampuan terbaik saat artikel ini ditulis. Processor yang digunakan adalah Quad Core dengan clock speed 2.2 GHz, merupakan yang tercepat di pasaran saat ini. Untuk menunjang kinerja processor, didukung RAM sebesar 2 GB dan GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 330 untuk melakukan prosesing grafis.

Saat digunakan sehari-hari, pengguna akan merasakan perbedaan yang signifikan dibanding saat masih menggunakan smartphone Android Dual Core maupun Quad core sebelumnya. Perpindahan antar muka berjalan lancar dan tanpa lag. Saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus, phablet ini masih sanggup menjalankannya tanpa jeda.

Saat dites menggunakan beberapa aplikasi benchmark seperti Quadrant dan Antutu, performa Sony Xperia Z Ultra mengalahkan Samsung Galaxy S4.

Fitur

4-bintang
Sistem Operasi: Android 4.2.2 Jelly Bean, Accelerometer, gyro, proximity, compass ~  Ambient light Sensor ~ A-GPS support and GLONASS 

Sony Xperia Ultra menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean yang dikombinasi dengan launcher buatan Sony. Untuk pengoperasiannya sangat responsif karena didukung oleh chipset Snapdragon 800.

Sensor-sensor yang terdapat pada Xperia Z Ultra adalah Accelerometer dan Gyro untuk mengetahui posisi phablet berdasarkan gaya gravitasi (apakah sedang miring ke kiri, terlentang, dsb). Sensor Proximity yang berguna untuk mematikan layar secara otomatis ketika digunakan menelpon (posisi hp diletakkan di telinga). Ambient Light sensor yang berguna untuk mengatur tingkat kecerahan layar secara otomatis berdasarkan terang atau gelapnya cahaya di sekitar.

Baterai

3-bintang
Non-removable Li-Ion 3050 mAh battery

Sony Xperia Z Ultra menggunakan baterai berjenis Lithium Ion dengan kapasitas 3050 mAh. Kapasitasnya cukup besar, namun yang perlu diingat, ukuran layar Ultra Z juga cukup besar.

Saat digunakan secara normal. Xperia Z Ultra masih dapat bertahan selama satu hari penuh. Namun saat banyak digunakan untuk browsing internet dan bermain game, dalam satu hari harus melakukan pengecasan sebanyak dua kali, hal yang wajar untuk ukuran smartphone android.

Kekurangan Sony Xperia Z Ultra adalah baterainya tidak bisa dicopot pasang. Tampaknya hal ini adalah konsekuensi dari desain Z Ultra yang tahan air dan debu.

Kelebihan dan Kekurangan Sony Xperia Z Ultra

Kelebihan:

  • Performa sangat baik karena ditunjang prosesor Quad-core 2.2 GHz Krait 400 + GPU Adreno 330
  • Tahan air dan debu
  • Desain solid dan kokoh serta tipis
  • Layar bagus

Kekurangan:

  • Tidak ada lampu flash pada kamera
  • Baterai tidak bisa dilepas
  • Suara loudspeaker kurang kencang

Kesimpulan Review Sony Xperia Z Ultra:

Rating Akhir: 4 Bintang (sangat Baik)

Sony yang setelah sekian lama tidak ikut arus dengan tidak meluncurkan smartphone dengan layar berukuran ekstra besar akhirnya ‘”ikut-ikutan” menelurkan phablet yang diberi nama Sony Xperia Z Ultra.

Entah apa yang menjadi alasan dibelakang peluncuran phablet ini, apakah untuk memenuhi permintaan pasar atau sekedar menunjukkan “kami bisa”. Yang pasti Sony Xperia Z Ultra memiliki spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung.

Z Ultra akan bersaingan dengan Galaxy Note III yang sebentar lagi diluncurkan. Saat artikel ini ditulis, kami belum bisa memastikan apakah Note III akan memiliki spek yang lebih “wah” atau justru masih kalah dibanding Z Ultra. Hingga saat itu tiba, bisa dikatakan bahwa Z ultra adalah phablet terbaik yang beredar dipasaran saat ini.

Bagi Anda yang membutuhkan dan menginginkan smartphone dengan performa baik, berlayar cukup besar namun masih relatif mudah dibawa, maka Sony Xperia Z Ultra adalah jawabannya. Kekurangan Xperia Z Ultra bisa dikatakan hanya sedikit, namun semua kembali lagi kepada kebutuhan masing-masing pengguna. Semoga bermanfaat



Berlangganan (Free):



Copas emoticon: 😁 😃 😂 😅 😇 😈 😉 😊 😌 😍 😒 😓 😔 😳 😖 😘 😛 😡 😭 😱 😤 😎 👍 🙏

Jika dirasa artikel ini berguna, silahkan di share / dibagikan

Kembali ke atas 🚀

©2009-2017 gadoga.com - V.11.09.7
Disclaimer | Kebijakan Privasi